Kue Bulan Mini Laris Manis Diburu Pembeli

Senin, September 20, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Peluang usaha kue bulan (Foto: Freepik)

Momentum perayaan kue bulan dalam tradisi China tahun ini, jatuh pada 21 september 2021. Perayaan ini akan dirayakan dengan aneka macam makanan akan tersaji.

Salah satu menu yang tidak boleh absen hadir yaitu cemilan kue bulan atau mooncake. Beragam kreasi kue bulan seperti biasa akan dihadirkan pada festival yang juga diberi nama Mid Autumn Festival atau festival musim gugur tersebut.

Salah satu yang menarik perhatian adalah kreasi kue bulan mini yang banyak diburu masyarakat Bali. Selain bentuknya yang unik karena sajiannya beragam warna menarik. Tapi inovasi utamanya pada harga yang ditawarkan karena relatif menyesuaikan dengan kondisi keuangan warga saat ini

Jelang perayaan kue bulan menurut tradisi China yang jatuh pada selasa 21 September 2021 besok, maka salah satu pembuat kue rumahan di kawasan Jalan Gatot Subroto Barat, Kuta Utara, Badung, Bali, mulai kebanjiran pesanan kue bulan.

Lebih khusus lagi adalah kue bulan atau moon cake dalam ukuran mini yang beratnya hanya 50 gram. Ini artinya bobotnya sepertiga dari berat kue bulan pada umumnya yang bisa mencapai 150 gram.

"Pembuatan kue bulan dengan ukuran lebih mini juga untuk menyesuaikan dengan kondisi keuangan masyarakat di masa pandemi. Dikhawatirkan kue bulan yang berukuran besar harganya jauh lebih mahal. Sehingga dengan harga yang lebih terjangkau tentu lebih memudahkan bagi masyarakat yang berminat untuk bisa menikmati cemilan yang hanya tersedia setahun sekali tersebut," ujar Pemilik usaha Angie's Cake Anggun Kusumasari saat ditemui MNC

Tapi menurut Anggun, secara proses pembuatan kue bulan mini, ternyata tidak berbeda jauh dengan kue bulan pada umumnya. Karena bahan-bahan yang dipergunakan pun masih sama. Mulai dari sirup gula, tepung beras ketan, air abu, serta minyak kacang.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencampurkan satu persatu bahan hingga adonan kulit menyatu secara merata. "Agar ukuran kue seragam maka adonan kemudian ditimbang sesuai dengan ukuran yang ditentukan," tambahnya.

Adonan kulit kue tersebut berikutnya dilengkapi dengan beragam isian yang diimpor khusus dari Malaysia. Mulai dari coklat, pandan almond durian, red bean egg yolk lotus kenari, black sesame egg yolk, hingga tausa egg yolk.

Setelah kulit kue dan isiannya telah menyatu, kini saatnya membuat bentuk sesuai yang diinginkan. Tahap berikutnya panaskan kue pada oven bersuhu 180 derajat celcius. Demi ketika sampai di tangan konsumen tampilannya lebih menarik kue bulan yang telah dipacking ditempatkan pada box berwarna cerah.

Secara harga untuk setiap satu kue bulan berukuran mini, dijual seharga Rp35 Ribu. Sementara untuk satu box isi empat hingga enam, kue dijual dengan harga bervariasi mulai harga Rp100.000 hingga Rp200.000 per boxnya.

Konsumen yang melakukan pemesanan tidak hanya dari seputaran kota denpasar dan Badung tapi juga dari seluruh daerah Bali bahkan hingga ke Buleleng dan Karangasem. Mayoritas pemesan biasanya menggunakan kue bulan mini sebagai sarana persembahyangan serta ada pula yang digunakan hadiah kepada kerabat atau sanak saudara yang merayakan Mid Autumn Festival.



Sumber : okezone.com

0 comments: