Lokawisata Baturraden Sepi Pengunjung Sejak Diuji Coba Buka, Kenapa?

Rabu, September 01, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2021 08 31 406 2464100 lokawisata-baturraden-sepi-pengunjung-sejak-diuji-coba-buka-kenapa-vJYlluDHxL.jpg


PENGUNJUNG Lokawisata Baturraden pada masa uji coba pembukaan objek wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, masih minim. Uji coba pembukaan ini dilakukan sejak Sabtu 28 Agustus 2021.

"Berdasarkan pantauan kami pada hari pertama uji coba, Sabtu, Lokawisata Baturraden hanya dikunjungi 20 orang, hari kedua (Minggu 29 Agustus) 39 orang, Senin (30 Agustus) ada enam orang, dan hari ini (kemarin-red) sementara baru ada 10 orang,” kata kata Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Wakhyono Ghozali, Selasa.

Ia mengatakan minimnya kunjungan wisatawan ke Lokawisata Baturraden karena pihaknya masih melakukan uji coba pembukaan objek wisata dengan pengawasan khusus dan protokol kesehatan secara ketat.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya belum melakukan publikasi secara masif terkait dengan uji coba pembukaan Lokawisata Baturraden tersebut.

"Uji coba pembukaan Lokawisata Baturraden ini hanya ditujukan untuk wisatawan lokal dengan syarat wajib menunjukkan kartu vaksin dan/atau tes antigen dengan hasil negatif serta kondisi masyarakat juga memengaruhi mereka untuk berwisata. Selain itu, jumlah pengunjung juga dibatasi 20 persen dari kapasitas maksimal," katanya.

 

Dalam hal ini, kata dia, luas lahan di Lokawisata Baturraden secara keseluruhan kurang lebih 16,85 hektare, sedangkan luas lahan yang bisa dijamah manusia sekitar 10 hektare.

Ia mengatakan jika dari lahan seluas 10 hektare itu mampu menampung 100 ribu orang, sehingga ketika jarak antarmanusianya dibatasi 2 meter, lahan tersebut mampu diisi sekitar 50 ribu orang.

Dengan demikian ketika jumlah pengunjung Lokawisata Baturraden dibatasi maksimal 20 persen, lanjut dia, objek wisata tersebut sebenarnya bisa dikunjungi oleh 10 ribu orang dalam satu periode kunjungan.

"Namun kenyataannya, dalam uji coba yang dilaksanakan sejak hari Sabtu (28/8), jumlah pengunjung Lokawisata Baturraden masih jauh kapasitas yang ditentukan, bahkan belum mencapai ratusan orang," katanya.


Lebih lanjut, Wakhyono mengatakan pihaknya masih menunggu hasil rapat koordinasi Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyumas terkait dengan kebijakan terhadap objek wisata seiring dengan penurunan level dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Banyumas dari sebelumnya level 4 menjadi level 3.

 Ilustrasi

Ia mengakui jika sebenarnya para pengelola objek wisata di Kabupaten Banyumas sangat berharap seluruh objek wisata dapat dibuka meskipun jumlah pengunjungnya dibatasi 20 persen dari kapasitas maksimal.

"Bahkan, walaupun hanya 10 persen, mereka juga mau terima asalkan bisa untuk operasional. Namun kami masih menunggu hasil rapat Satgas Penanganan COVID-19 karena sementara ini uji coba pembukaan objek wisata hanya untuk Lokawisata Baturraden," katanya.


Sumber : okezone.com

0 comments: