Mengenal Budaya Nusa Tenggara Barat Lewat 5 Kegiatan Seru di Desa Wisata Maria

Kamis, September 16, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: wonderfullimage.id


Nusa Tenggara Barat dikenal dengan hamparan laut dan pulau-pulau kecil yang memanjakan mata para wisatawan. Panorama alamnya yang cantik bukan lagi menjadi sebuah rahasia. Tidak hanya itu, provinsi dengan Ibu Kota Lomboka ini juga kaya akan budaya dan tradisi. Mempelajarinya sembari berlibur saat situasi telah membaik nanti, tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda. Seperti halnya berkunjung ke Desa Wisata Maria yang berada di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima.

Desa wisata yang ada #DiIndonesiaAja ini akan memberikan kenangan yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Pasalnya, saat berada di Desa Wisata Maria, Anda dapat melakukan beragam kegiatan menarik. Liburan pun terasa semakin berbeda dan menyenangkan. Apa saja kegiatannya? Nah, berikut beragam kegiatan di Desa Wisata Maria yang bisa menjadi wish list Anda ketika nanti sudah bisa berkunjung.

1. Bersosialisasi dengan warga setempat

 

 (Foto: Wonderfulimage.id)

Saat berkunjung ke Desa Wisata Maria, Anda akan menemukan banyak kekayaan budaya dari suku asli Bima, yakni Suku Mbojo. Dengan mengunjungi desa wisata ini, Anda bisa sekaligus belajar tentang kehidupan sehari-hari, budaya, hingga hal menarik lainnya Suku Mbojo dari warga setempat sambil menikmati panorama alam yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Karena hal tersebut membuat liburan pun menjadi lebih berkesan.

2. Belajar membuat kain tenun

 

 (Foto: Instagram/@sumbawaisland)

Berbagai daerah di Indonesia juga terkenal dengan kain khasnya, termasuk di Bima yang memiliki kain tenun bernama tembe nggoli atau disebut dengan sarung nggoli. Kain dengan motif khas berwarna cerah ini, dibuat dengan memakan waktu sekitar dua minggu. Karena memiliki waktu pengerjaan yang lama, kain yang terbuat dari benang kapas atau katu ini tidak mudah sobek, bahannya pun halus. Kerennya lagi, saat dikenakan, tembe nggoli terasa hangat ketika cuaca dingin. Namun sebaliknya, saat cuaca panas, tembe nggoli ini akan terasa dingin ketika dikenakan.

Di Desa Wisata Maria ini, Anda bisa merasakan langsung belajar menenun bersama para pengrajin. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba pakaian adat Bima untuk wanita yang disebut rimpu. Pakaian adat rimpu ini terdiri dari dua lembar sarung nggoli yang dikenakan untuk atasan juga bawahan. Model rimpu yang dikenakan juga berbeda untuk wanita yang belum menikah dan yang sudah menikah. Bagi wanita yang belum menikah, rimpu dikenakan seperti berbentuk cadar sehingga hanya memperlihatkan matanya saja, namun bagi yang sudah menikah, rimpu bisa digunakan dengan menampilkan wajah secara keseluruhan.

3. Melihat pertunjukan adat

 

 (Foto: Wonderfulimage.id)

Kegiatan lainnya yang tak kalah menarik ialah dengan melihat pertunjukan adat. Di Desa Maria ini terdapat tradisi turun temurun masyarakat Bima bernama ntumbu tuta yang berarti adu kepala. Pertunjukan ekstrem ini biasanya diiringi dengan tabuhan gendang dan alat musik lainnya. Selain itu, ada juga Festival Uma Lengge yang merupakan acara kesenian di setiap tahunnya. Tak kalah dengan desa lainnya yang ada di Indonesia, Desa Maria juga memiliki beragam tarian tradisional yang tentunya memiliki nilai filosofis.

4. Mengenal rumah adat

 

 (Foto: Instagram/@festivalumalengge)

Ketika bertandang ke Desa Wisata Maria, Anda dapat melihat rumah adat dengan bangunan unik serta autentik. Di desa ini memiliki dua jenis rumah adat yang bernama uma lengge dan jompa. Keduanya memiliki bentuk dan fungsi bangunan yang berbeda.

Uma lengge berbentuk meyerupai gazebo dengan atap yang terbuat dari rumput alang-alang. Uma Lengge ini digunakan untuk menyimpan hasil pertanian masyarakat desa, hasil panen yang disimpan pun bisa bertahan hingga satu tahun. Tak heran, jika ikon budaya ini juga menjadi simbol untuk ketahanan pangan masyarakat Bima. Berbeda lagi dengan jompa. Rumah adat satu ini memiliki bentuk bangunan seperti rumah panggung dengan beratapkan genteng. Saat ini, di Desa Maria terdapat 13 uma lengge dan 103 jompa yang telah diwariskan secara turun temurun sejak zaman dulu.

5. Oleh-oleh Khas

 

 (Foto: Wonderfulimage.id)

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Desa Wisata Maria tanpa membeli buah tangan. Pasalnya, desa wisata ini menawarkan beragam khas oleh-oleh yang khas, mulai dari kain tenun khas Bima, sarung tenun nggoli, pernak-pernik, dan beragam aksesori. Tidak hanya itu, kuliner yang dicicipi pun tak boleh ketinggalan, seperti halnya kopi yang bisa Anda bawa pulang serta makanan ringan lainnya.

Itulah beragam kegiatan berlibur sambil belajar di Desa Wisata Maria, Nusa Tenggara Barat, yang bisa Anda nikmati nanti ketika situasi sudah membaik. Selain itu, agar terasa berwisata meski #DiRumahAja, Anda dapat #BeliKreatifLokal pernak-pernik khas Nusa Tenggara Barat melalui beragam platform digital yang sudah banyak tersedia. Semangat berwisata tetap harus ada meski saat ini masih berada #DiRumahAja, apalagi Indonesia dan negara-negara anggota UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia) akan memperingati Hari Pariwisata Sedunia pada 27 September 2021 mendatang.

 

 (Foto: Wonderfulimage.id)

Liburan ke desa wisata ketika keadaan telah membaik nanti, juga didukung langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno. Hal ini dikarenakan desa wisata berpotensi untuk menjadi lokomotif pembangunan ekonomi di masa pademi.

“Desa wisata ini merupakan potensi yang perlu dikembangkan dan diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sehingga memiliki daya saing serta menjadi lokomotif kebangkitan perekonomian di sektor parekraf di tengah pandemi,” kata Sandiaga Uno.

Makin enggak sabar kan untuk berlibur setelah masa pandemi usai nanti? Untuk itu, jangan lupa menerapkan protokol kesehatan 6M seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama. Ikuti juga vaksinasi agar terbentuk kekebalan tubuh untuk melawan virus Covid-19, sehingga Anda dan orang-orang yang Anda sayangi akan lebih terlindungi.

Selama berada #DiRumahAja, Anda bisa mengikuti PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan setiap hari Selasa. Caranya juga mudah, Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Lalu, jawab pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Mention juga tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya!

Raih kesempatan untuk memenangkan beragam hadiah menarik! Jangan sampai ketinggalan, semoga beruntung!(CM)






Sumber :  okezone.com

0 comments: