Meningkatkan Imunitas dengan Vitamin C, Vitamin D, dan Zinc

Sabtu, September 18, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Di tengah pandemi COVID-19, sistem imun harus selalu dijaga. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan imunitas adalah dengan mengonsumsi vitamin C, vitamin D, dan zinc. Selain melindungi tubuh dari serangan virus, ketiga nutrisi ini juga dapat mempercepat masa pemulihan bagi penderita COVID-19.

Setiap orang yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona diwajibkan untuk menjalani isolasi mandiri. Selama isoman di rumah, penderita COVID-19 disarankan untuk menjaga jarak dengan penghuni rumah lainnya, tetap memakai masker, menggunakan alat mandi dan alat makan terpisah, serta rutin melakukan disinfeksi.

Meningkatkan Imunitas dengan Vitamin C, Vitamin D, dan Zinc - Alodokter

Selain itu, selama menjalani isolasi mandiri, penderita COVID-19 akan mendapatkan pemantauan melalui kunjungan ke rumah secara berkala dari petugas faskes terdekat maupun melalui layanan telemedicine. Obat-obatan dan suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh juga akan diresepkan sesuai dengan kondisi masing-masing orang.

Nutrisi untuk Meningkatkan Sistem Imun
Vitamin C, vitamin D, dan zinc merupakan tiga jenis nutrisi yang dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan seputar ketiga nutrisi tersebut:

Vitamin C
Vitamin C merupakan antioksidan yang dipercaya dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan imunitas. Jenis vitamin ini juga diberikan sebagai salah satu pengobatan untuk pasien COVID-19 yang menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit.

Pemberian vitamin C dosis tinggi melalui infus juga diberikan kepada pasien COVID-19 bergejala sedang hingga berat untuk meningkatkan fungsi paru-paru, meskipun memang belum ada penelitian yang menghubungkan konsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi dengan penyembuhan COVID-19.

Vitamin D
Vitamin D juga sering kali disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang terinfeksi virus Corona. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin D dinilai dapat melindungi saluran pernapasan dari infeksi.

Vitamin ini juga diduga dapat mempercepat penyembuhan dan menghentikan peradangan dalam sistem pernapasan pada pasien COVID-19. Tak hanya itu, mengonsumsi suplemen vitamin D dipercaya mampu mengurangi risiko kematian pada pasien COVID-19 yang berusia lanjut.

Zinc
Selain vitamin C dan vitamin D, zinc juga dipercaya dapat meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Mineral yang satu ini bekerja dengan cara menghalau masuknya virus, bakteri, jamur, atau penyebab penyakit lainnya ke dalam tubuh.

Tak hanya itu, zinc juga memiliki sifat antivirus. Mineral ini dapat meningkatkan kerja sel-sel imun dalam melawan virus dan menekan kemampuan virus untuk memperbanyak diri.

Konsumsi vitamin C dan zinc secara bersamaan bahkan dapat mengurangi lamanya sakit dan tingkat keparahan penyakit, misalnya pada penyakit pilek.

Bahkan, Kemenkes telah menganjurkan untuk mengonsumsi kombinasi vitamin C, vitamin D, dan zinc untuk meningkatkan sistem imun tubuh, terutama bagi pasien COVID-19. Namun pastikan untuk mengonsumsi sesuai dosis dan petunjuk dokter.


Dan jangan lupa untuk tetap makan makanan bergizi seimbang, minum cukup air, rutin berolahraga sesuai dengan kondisi kesehatan, cukup istirahat dan tetap menerapkan prokes untuk mengatasi atau mencegah COVID-19.

Jika Anda atau keluarga sedang menjalani isoman, sebaiknya Anda melapor ke RT, RW, atau puskesmas di daerah tempat Anda tinggal untuk mendapatkan bantuan dan arahan lebih lanjut.

Bila Anda mengalami gejala berat COVID-19, seperti sesak napas, nyeri dada yang parah, dan tubuh terasa sangat lemas, segera pergi ke rumah sakit atau dokter terdekat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui chat di aplikasi ALODOKTER mengenai kondisi Anda atau keluarga yang sedang menjalani isoman.

Sumber : alodokter

0 comments: