Olahraga untuk Meningkatkan Libido: Manfaat dan Jenisnya

Senin, September 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Libido atau hasrat seksual bisa menurun karena berbagai hal, mulai dari stres hingga kondisi medis tertentu. Bila Anda atau pasangan kerap mengalaminya, ada beberapa jenis olahraga untuk meningkatkan libido dan menambah kepuasan saat berhubungan intim.

Tingkat libido setiap orang bisa berbeda-beda. Namun, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan menurunnya gairah seksual seseorang, mulai dari permasalahan dengan pasangan, stres berat, kelelahan, kehamilan, menopause, hingga masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes, kelainan hormon, dan kanker.

Olahraga untuk Meningkatkan Libido: Manfaat dan Jenisnya - Alodokter

Manfaat Olahraga untuk Meningkatkan Libido
Olahraga dapat menyehatkan tubuh, baik secara fisik maupun mental, yang kemudian dapat meningkatkan libido atau hasrat seksual Anda. Berikut adalah sejumlah manfaat olahraga yang terkait dengan peningkatan libido:

1. Menambah kepuasan seksual
Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang baik dilakukan secara rutin untuk meningkatkan stamina tubuh, termasuk libido, dan menambah kepuasan seksual. Dengan stamina yang kuat, durasi hubungan seksual Anda dengan pasangan bisa bertahan lebih lama.

Selain itu, berolahraga juga dapat membangun otot-otot yang berperan penting dalam hubungan seksual, seperti otot-otot perut, otot dasar panggul, dan otot di sekitar paha, kaki, dan organ intim. Dengan kesehatan yang lebih prima, tubuh Anda juga akan lebih mudah mencapai orgasme.

2. Mengurangi stres
Olahraga merupakan salah satu cara sehat untuk mengelola stres. Ini karena, aktivitas fisik dapat menstimulasi produksi hormon endorfin, yakni hormon penghilang stres dan rasa sakit alami, sehingga Anda bisa merasa lebih bahagia. Bila Anda bahagia, libido Anda juga bisa meningkat.

3. Meningkatkan rasa percaya diri
Hasrat seksual juga dipengaruhi oleh pandangan Anda terhadap diri sendiri. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa rutin berolahraga dapat membuat seseorang memandang dirinya dengan lebih positif, sehingga harga diri dan rasa percaya diri akan bertambah. Dengan begitu, hasrat seksual juga bisa ikut meningkat.



4. Meningkatkan sirkulasi dan aliran darah
Saat berolahraga, jantung akan memompa darah dengan lebih cepat dan banyak, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh akan lebih lancar, termasuk ke organ intim.

Pada pria, sirkulasi darah yang lancar bermanfaat untuk melancarkan proses ereksi dan membuatnya bertahan lebih lama. Sementara pada wanita, hal tersebut bisa menstimulasi vagina untuk memproduksi cairan pelumas alami dengan lebih lancar.

Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Libido
Pada dasarnya, semua jenis olahraga baik untuk dilakukan, tetapi ada beberapa jenis olahraga yang lebih efektif untuk meningkatkan libido, di antaranya:

1. Senam Kegel
Senam Kegel adalah salah satu olahraga yang bermanfaat untuk performa seksual, termasuk untuk meningkatkan libido. Latihan ini memungkinkan darah mengalir lebih lancar ke organ intim dan memperkuat otot-otot dasar panggul.

Pada pria, hal tersebut kemudian dapat mencegah ejakulasi dini. Sementara pada wanita, senam Kegel bisa membantu meningkatkan produksi cairan pelumas vagina, membuat otot vagina lebih kencang, serta mempermudah orgasme.

2. Squat
Squat bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot tubuh bagian bawah, seperti kaki dan bokong. Selain itu, latihan ini juga dapat memperlancar aliran darah menuju organ intim. Oleh sebab itulah, melakukan squat bisa membantu meningkatkan libido Anda.

3. Yoga
Yoga juga bisa Anda jadikan salah satu pilihan olahraga untuk meningkatkan libido. Melakukan yoga secara rutin bisa membantu meningkatkan stamina, menenangkan diri, menurunkan kadar stres, dan memperbaiki mood. Dengan begitu, hasrat seksual Anda juga juga bisa ikut meningkat.

4. Renang
Olahraga ini dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, memperbaiki kualitas tidur, menurunkan stres, dan memperbaiki suasana hati. Olahraga renang juga baik untuk melatih otot-otot dan sendi tubuh agar lebih kuat serta menambah stamina, sehingga gairah seksual juga bisa lebih mudah bangkit.

5. Latihan kardio
Melakukan berbagai latihan kardio bisa membantu melancarkan aliran darah dan menjaga berat badan ideal. Bagi pria, hal ini bermanfaat untuk membuat ereksi lebih tahan lama. Sedangkan bagi wanita, latihan kardio bisa membantu mencapai orgasme dengan lebih mudah.

6. Latihan kekuatan
Latihan kekuatan bermanfaat untuk melatih dan mengencangkan otot-otot tubuh, sehingga tubuh Anda bisa terlihat lebih atletis dan proporsional. Selain membuat Anda lebih percaya diri, bentuk tubuh yang indah juga bisa membuat pasangan Anda lebih tertarik untuk berhubungan intim.

Agar manfaat olahraga untuk meningkatkan libido bisa lebih maksimal, Anda atau pasangan perlu melakukannya secara rutin. Rekomendasi waktu olahraga yang ideal adalah selama 20−30 menit setiap hari atau minimal 3−5 kali seminggu.

Tips Menambah Libido dan Kepuasan Seksual
Untuk mendukung efektivitas olahraga tersebut, Anda juga bisa meningkatkan gairah seksual dan membuat hubungan seksual menjadi lebih menyenangkan dengan beberapa cara, termasuk melakukan pemanasan sebelum berhubungan seks atau foreplay lebih lama.

Anda bisa mulai foreplay dengan memberi pijatan atau sentuhan lembut pada bagian-bagian sensitif pasangan Anda. Kemudian, berikan juga belaian dan ciuman kepadanya, agar suasana menjadi lebih intim.

Untuk menghindari kebosanan, Anda dan pasangan bisa mengganti suasana saat berhubungan intim, misalnya dengan mandi bersama sebelum melakukan hubungan seksual atau mencoba berhubungan seksual di kamar mandi.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan peningkat libido, beristirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik, agar kehidupan seksual Anda dengan pasangan tetap harmonis.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait manfaat dan jenis olahraga untuk meningkatkan libido atau mengalami masalah pada kualitas dan kepuasan hubungan seksual, janganlah ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

Sumber : alodokter

0 comments: