Pantai di China yang Menjadi Merah Setiap Oktober

Kamis, September 02, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Salah satu pantai di utara China bakal berubah warna menjadi merah setiap bulan Oktober. (AFP/STR)

Tidak perlu menggunakan pakaian renang saat mengunjungi pantai di China ini.
Setiap musim gugur, wisatawan berduyun-duyun ke dermaga di Red Beach Wetland (Lahan Basah Pantai Merah) di Kota Panjin, di Provinsi Liaoning, untuk mengagumi pantai berwarna merah tua yang tidak biasa di garis pantai paling utara China.

Namun, "pantai" ini bukan terdiri dari pasir. Warna dramatisnya disebabkan oleh mekarnya rumput teki yang tumbuh di dataran lumpur yang luas di lahan basah tersebut.



Dijuluki "garis pantai rekreasi paling romantis di China" oleh media lokal, dataran lumpur seluas 6.667 hektare di dalam Red Beach National Scenic Corridor terdaftar sebagai destinasi wisata unggulan Negara Panda.

Mengutip Majalah Smithsonian, Pantai Merah ialah salah satu lahan basah terbesar di dunia.

Rerumputan di Panjin, yang menyelimuti lahan basah, mulai bertunas di musim semi dan mekar merah pada awal Juli.

Rona merah semakin semarak mendekati musim gugur dan mencapai puncaknya pada bulan September dan Oktober, mengubah dataran lumpur pantai seakan menjadi karpet merah.

Menurut Komite Administratif Resor Red Beach Wetland, kawasan ini menarik lebih dari 2 juta wisatawan setiap tahunnya.
Sebuah jalan kayu berkelok-kelok telah dibangun di atas lumpur, memungkinkan pengunjung untuk berjalan melintasi Pantai Merah.

Ada sekitar 100 varietas rumput laut, yang tumbuh di lahan basah pasang surut, di seluruh dunia. Tapi tanaman ini -- juga disebut Suaeda -- jarang berwarna merah. Rumput laut yang tumbuh di Panjin adalah spesies yang unik.

Tanah rawa ini juga terkenal dengan kepiting, rebung dan berasnya - yang bahkan menjadi beras resmi Olimpiade Beijing 2008.

Pantai Merah juga rumah bagi lebih dari 260 spesies burung migran yang berbeda, termasuk burung camar paruh hitam yang terancam punah dan burung bangau mahkota merah liar-- burung bangau paling langka kedua di dunia.

Dari Beijing, Pantai Merah dijangkau dengan berkendara selama enam jam.




Sumber :  cnnindonesia.com

0 comments: