Perkuat Ekonomi Kreatif di 5 Destinasi Wisata

Jumat, September 03, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama perusahaan swasta Adira Finance bekerjasama mengadakan Festival Kreatif Lokal 2021. Program itu sebagai upaya pengembangan pemasaran dan ekonomi kreatif di Indonesia.

 

 

Menparekraf Sandiaga Uno mendukung Festival yang memajukan ekonomi kreatif di 5 destinasi wisata super prioritas. Ia berharap sektor UMKM di 5 destinasi tersebut memperlebar pangsa pasarnya.

 

"Kegiatan ini mendukung upaya pemerintah untuk mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif UMKM unggulan sub sektor kuliner, kriya, dan fashion dari 5 destinasi wisata super prioritas, yakni Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang," kata Sandiaga dalam grand launching Festival Kreatif Lokal 2021 yang digelar secara virtual pada Rabu.

 

 

Sandiaga mengharapkan kegiatan ini dapat membidani lahirnya pebisnis UMKM. Ia menyarankan agar pebisnis UMKM cermat memanfaatkan peluang pasar dan cerdas menggunakan media digital seperti marketplace. "Ini mengingat di masa pandemi Covid-19 terjadi perubahan tren belanja masyarakat dari offline ke online," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga mengajak UMKM untuk tumbuh bersama dengan Adira Finance dan menjadi bagian dari Festival Kreatif Lokal 2021. Ia mengajak publik mendukung program bangga buatan Indonesia dengan terus membeli produk kreatif lokal.

"Kita ikut mengapresiasi dan memberi semangat kepada UMKM untuk terus berkontribusi terhadap perekonomian bangsa," ucap Sandiaga.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya menyebut sudah bekerjasama dengan Adira Finance dengan memberikan pelatihan dan workshop kepada 1079 UMKM pada tahun 2020. Pada tahun ini, program pelatihan fokus pada 5 destinasi super prioritas.

"Kini juga disiapkan tidak hanya destinasi dari sisi alam dan budaya, tetapi juga produk ekonomi kreatif. Kalau bicara destinasi pariwisata, tentu ujung-ujungnya enggak bisa lepas dari buah tangan," tutur Nia.

 

Sementara itu, Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menjelaskan bahwa Festival Kreatif Lokal 2021 meliputi serangkaian kegiatan. Yaitu kreatif lokal award sebagai apresiasi Adira Finance kepada pelaku wirausaha atas prestasi dan usaha memberdayakan masyarakat.

 

Selanjutnya, kegiatan malam gebyar Adira pada November 2021 mendatang di Candi Borobudur, Jawa Tengah, yang bertepatan dengan ulang tahun Adira Finance ke -31. "Kami juga akan mengumpulkan para pemenang kreatif lokal award (di Borobudur)," kata Hafid. 

 

 

Sumber : republika.co.id

0 comments: