Pohon Raksasa di Taman Nasional AS Dibungkus Aluminium Foil

Rabu, September 22, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Southern Area Blue Incident Management Team via AP


Sebuah pohon jenis giant sequoia di Taman Nasional Sequoia, California, Amerika Serikat (AS), yang dianggap sebagai pohon terbesar di dunia dibungkus dengan aluminium foil untuk melindunginya dari kebakaran.
Sebagaimana dilansir CNN, Sabtu (18/9) waktu AS, pohon yang diberi nama General Sherman Tree itu memiliki tinggi kurang lebih 83 meter dan diameter 10,9 meter. Ukuran tersebut menjadikan pohon ini lebih tinggi dari Patung Liberty.

"Kami mengatakan pada petugas pemadam kebakaran untuk memperlakukan sequoia kami seperti mereka memperlakukan bangunan dan membungkus semuanya," kata Kepala Manajemen Sumber Daya dan Sains untuk Sequoia dan Taman Nasional Kings Canyon, Christy Brigham.


Perlindungan pohon dengan aluminium ialah salah satu persiapan bagi hutan raksasa tempat bagi 2.000 pohon sequoia ini. Bukan hanya membungkus pohon, mereka juga membuang benda-benda yang bisa tersambar api.

Lebih lanjut, Brigham mengatakan taman nasional dan pemadam kebakaran menyiram gel tahan api dari helikopter untuk pohon di lokasi yang sulit diakses. Namun, hal itu juga tidak mudah karena kepulan asap mengganggu helikopter.

Kendala seperti itu membuat kebakaran hutan di berbagai taman nasional tidak terelakkan. Bahkan kebakaran hutan juga terjadi pada sejumlah lokasi yang belum pernah terbakar sama sekali.

Kebakaran tersebut mengindikasikan bahwa ada pertumbuhan berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran dengan api yang lebih panas dan intens. Hal ini bisa berdampak parah bagi pohon-pohon sequoia.

"Dua pertiga dari semua areal hutan sequoia raksasa di Sierra Nevada telah terbakar dalam kebakaran hutan antara 2015 dan 2020," kata National Park Service.

Mereka juga menjelaskan bahwa kebakaran tahun lalu kurang lebih memusnahkan 7.500 sampai 10.600 pohon sequoia yang berusia ratusan hingga 3.000 tahun. Jumlah tersebut kurang lebih 10 sampai 14 persen dari pohon sequoia yang ada di dunia.

Sementara, Presiden dan CEO Save the Redwoods League Sam Hodder mengatakan bahwa musuh utama sequoia raksasa bukanlah api. Pasalnya, sejumlah pohon-pohon itu tetap hidup meski terjadi kebakaran hutan.

Kulit kayu bisanya bisa melindungi pohon dari kerusakan parah dan panas yang disebabkan api. Namun, semakin lama akan sulit bagi pohon untuk sembuh dari luka akibat kebakaran terus-menerus.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: