RDI Sukses Hadirkan Festival Kemerdekaan dan Ruang Kolaborasi

Selasa, September 28, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Rumah Digital Indonesia (RDI) telah sukses menyelenggarakan festival kemerdekaan Indonesia secara virtual dan tumbuh menjadi ruang kolaborasi anak bangsa. (Foto: Arsip Rumah Digital Indonesia)


Rumah Digital Indonesia (RDI) telah sukses menyelenggarakan festival kemerdekaan Indonesia secara virtual pada 1-31 Agustus 2021.
Tercatat dalam sebulan, RDI diakses lebih dari 4,8 juta kali oleh sekitar 1,3 juta pengunjung.

Lebih dari 22.000 peserta dari seluruh Indonesia telah ikut bertarung di Arena Lomba 17-an di RDI. Lewat Pasar Lokal RDI juga telah memasarkan 1.878 produk dari 616 pelaku UMKM dari 34 provinsi.

Tak hanya itu, RDI juga tumbuh menjadi ruang kolaborasi anak bangsa yang mengirimkan berbagai karyanya.


Staf Khusus Presiden sekaligus salah satu inisiator RDI Putri Tanjung bercerita bahwa kehadiran RDI bermula dari munculnya kegelisahan banyak pihak untuk merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia di tengah pandemi.

"Jadi Rumah Digital Indonesia ini datang dari kegelisahan kita semua. Kita tahu bahwa biasanya perayaan kemerdekaan adalah sesuatu yang festive setiap tahunnya. Tahun ini sedikit berbeda karena masa-masa pandemi," ujar Putri saat Instagram Live di @rumahdigitalindonesia.id, Minggu (26/9).

Dari situ, muncul ide untuk menghadirkan RDI yang penyelenggaraannya didukung penuh oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Putri menyampaikan, RDI akhirnya hadir untuk mempersembahkan berbagai konten khas kemerdekaan, mulai dari lomba khas 17-an, video perayaan kemerdekaan, hingga festival.

"Hampir seluruh konten yang ada di RDI, seperti menyanyikan lagu nasional, baca puisi, film pendek, itu dari masyarakat. Kita mengumpulkan hampir banyak banget, hampir 900-an konten dari masyarakat," tutur Putri.

Sebagai ruang kolaborasi, RDI memberikan ruang bagi masyarakat untuk menunjukkan talenta mereka dengan mengirimkan konten ke RDI.

"Tanggung jawab kita memberikan opportunity dan platform untuk mereka showcasing their talent, untuk masyarakat bisa berkontribusi dan memperlihatkan talenta mereka," kata Putri.

Kendati bulan kemerdekaan sudah berlalu, namun masyarakat hingga saat ini masih bisa mengakses dan berpartisipasi di RDI.

Ke depan diharapkan RDI akan menjadi ruang kolaborasi yang menjadi etalase kementerian dan elemen komunitas masyarakat untuk menunjukkan berbagai program dan kekayaan budaya Indonesia.

"RDI bisa jadi ruang kolaborasi kementerian-kementerian, kolaborasi antarmasyarakat, industri kreatif; bisa jadi showcasing di mana kita bisa memperlihatkan budaya kita, cerita Indonesia," ucap Putri.

Dalam kesempatan itu, Putri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kementerian dan masyarakat yang telah berkontribusi dan berkolaborasi menyukseskan Rumah Digital Indonesia.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: