Rekomendasi 7 Film Horor Barat tentang Gereja

Rabu, September 01, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Film horor barat identik dengan kisah pengusiran hantu yang dilakukan oleh gereja.



Bukan tanpa sebab, cerita pengusiran hantu oleh gereja naik pamor setelah film The Exorcist (1973) meledak di pasaran. Berikut film horor barat tentang gereja.



Bukan Hollywood namanya jika tidak pandai meramu racikan film horor agar tetap laris di pasaran. Film horor dihadirkan dengan penggabungan genre lain seperti action, fantasi, misteri, thriller.



Semua genre diracik apik agar film horor tetap menarik di mata penonton.


Film-film horor bertemakan gereja berikut beberapa di antaranya bermuatan adegan kekerasan dan konten berbau dewasa, sehingga perlu pengawasan orang dewasa jika ditonton bersama anak di bawah umur.

Berikut rekomendasi film horor barat berlatar gereja.


1. The Unholy (2021)


Film horor barat gereja pertama adalah The Unholy. Film ini berkisah tentang penafsiran mukjizat yang dimanipulasi iblis jahat.

The Unholy digarap oleh sutradara Evan Spilotopoulos yang diadaptasi dari novel berjudul 'Shrine by' karya James Herbert.

Kisah dimulai ketika Alice (Cricket Brown) remaja tunarungu yang mengaku bertemu Bunda Maria. Setelah pertemuan itu, Alice bisa bicara seperti orang pada umumnya.

Hebatnya lagi, dia bisa membuat mukjizat. Sontak peristiwa itu menarik perhatian Vatikan untuk diselidiki.

Semakin banyak Alice membuat mukjizat, semakin banyak orang menyembah dia layaknya Tuhan. Pastor menduga alih-alih mukjizat, justru ada hal mengerikan di balik sosok Alice.

2. The Seventh Day (2021)

Digarap oleh sutradara Justin P. Lange, The Seventh Day berkisah tentang kerja sama seorang pastor dan pengusir setan veteran dalam misi melatih para pastor muda untuk menjalani ritual-ritual pengusiran setan.

Seorang pastor muda bernama Daniel yang tertarik dengan ritual pengusiran setan dan telah beberapa kali menjalani prosesi pengusiran setan.

Meski demikian, dia merasa belum cukup kuat. Sampai suatu hari, dirinya dipertemukan dengan Pastor Peter yang berpengalaman dalam pengusiran setan.

Pertemuan itu tidak hanya melatih kemampuan Pastor Daniel tapi juga mengungkap rahasia gelap Pastor Peter.

3. The Nun (2018)

Film horor berlatar gereja selanjutnya adalah The Nun. The Nun berkisah tentang penyelidikan kasus bunuh diri seorang biarawati di Rumania pada 1952. The Nun merupakan film spin-off dari sosok Valak dalam The Conjuring 2.

The Nun digarap oleh sutradara Corin Hardy dengan bantuan James Wan sebagai penulis skenarionya.

Usai mendengar kabar seorang biarawati tewas mengenaskan secara misterius, Vatikan mengutus Pastor Burke (Demian Bichir) dan Suster Irene (Taissa Farmiga) untuk menyelidiki kasus itu.

Dari jenazah suster, pastor dan suster menemukan sebuah kunci biara. Kunci tersebut akan menjelaskan semuanya, mulai dari penyebab tewasnya biarawati dan sejarah kelam dari biara tersebut.

4. The Witch (2015)

Film The Witch merupakan film yang berkisah tentang awal mula lahirnya penyihir di tanah Inggris. Film arahan sutradara Robert Eggers, diangkat dari dongeng masyarakat Inggris.

Film dibuka dengan latar belakang Inggris tahun 1630-an. Lantaran diusir dari perkampungan, William dan keluarganya pindah ke hutan besar di daerah terpencil jauh dari kota.

Suatu hari, anaknya paling kecil hilang dan diduga diculik penyihir karena belum dibaptis.

Namun setelah kembali pulang ke rumah, hal-hal aneh justru menimpa keluarga tersebut hingga akhirnya terjadi insiden mengerikan.

Namun setelah kembali pulang ke rumah, hal-hal aneh justru menimpa keluarga tersebut hingga akhirnya terjadi insiden mengerikan.

5. The House at the End of Time (2013)

The House at the End of Time merupakan film horor buatan Venezuela. Film ini disutradarai oleh Alenjandro Hidalgo yang juga menulis skenario filmnya.

Berkisah tentang seorang ibu bernama Dulce yang dituduh mengidap gangguan mental lantaran membunuh seluruh anggota keluarga di rumahnya.

Namun Dulce sendiri yang kini telah tua masih mengingat jelas setiap peristiwa berdarah yang menimpa suami dan anak bukan akibat ulahnya melainkan sosok hitam misterius.

Cerita Dulce hanya dipercaya oleh seorang pastor yang menemani Dulce sekaligus membantu menguak misteri rumah tersebut.

6. Constantine (2005)

Constantine berkisah tentang seorang detektif yang ahli dalam dunia supranatural dan memiliki kemampuan pengusiran setan.

Film Constantine diangkat dari komik terbitan DC Comics yang berjudul "Hellblazer". Film Constantine diarahkan oleh sutradara Francis Lawrence.

Cerita dimulai dari aksi John Constantine mengusir iblis neraka yang masuk ke dalam tubuh seorang wanita. Setelah kejadian itu, dia kedatangan seorang detektif muda, Angela Dodson (Rachel Weisz).

Angela menemukan Constantine dari rekaman kematian saudara kembarnya, Isabel. Dalam penglihatan supranatural, Constantine melihat ancaman besar bagi umat manusia di balik kematian Isabel.

Constantine dibantu pastor gereja dan temannya melakukan ritual khusus untuk mengunjungi neraka dan mengembalikan jiwa Isabel yang seharusnya tidak di sana.

.
7.Stigmata (1999)

Film horor barat tentang gereja terakhir merupakan arahan sutradara Rupert Wainwright. Stigmata berkisah tentang wanita ateis yang mengalami luka-luka misterius sebagaimana luka yang dialami Yesus Kristus saat disalib.

 

Frankie Paige awalnya hidup normal dan bekerja sebagai pengusaha salon. Suatu hari, saat tertidur dalam bak mandi, Paige mendapat penglihatan religius yang sampai membuatnya dilarikan ke rumah sakit.

 

Paige didiagnosis mengalami masalah mental oleh dokter, namun ia membantah bahwa dirinya sakit. Sampai akhirnya ia terus-menerus mengalami penglihatan lain hingga membuatnya kesakitan.

 

Paige kemudian mendapat pertolongan dari seorang pastur. Namun sebelum pingsan, ia menggambar simbol dan membisikkan kalimat berbahasa kuno Aram, bahasa yang dipakai Yesus.

 

Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: