Sampah Masker Mencemari Destinasi Wisata di Papua

Senin, September 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


 Sampah masker menjadi masalah baru selama pandemi Covid-19. Masker yang harus dipakai oleh semua orang setiap keluar rumah pada akhirnya mencemari lingkungan. Jenis masker yang paling banyak menjadi sampah adalah masker medis.

 

 

Memang ada upaya mengolah limbah masker medis. Namun demikian, gerakan tersebut belum meluas ke berbagai penjuru Indonesia. Di Papua misalkan, peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto menunjukkan titik-titik sampah masker medis yang mencemari sejumlah tempat, termasuk destinasi wisata.

 

 

Di Teluk Berau, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, sampah masker medis mencemari perairan di sana. "Sampah masker medis dibuang begitu saja di perairan," kata Hari Suroto kepada Tempo, Senin. "Sampah masker ini sulit terurai dan mengganggu ekosistem perairan Teluk Berau."

 

 

Sampah maskes mengganggu keindahan pesona bawah air dan berpotensi merusak terumbu karang. "Kelestarian lingkungan Teluk Berau merupakan tanggung jawab bersama," ujar dosen arkeologi Universitas Cenderawasih, Papua, ini. "Perlunya kampanye agar tidak membuang sampah sembarangan."

 

Pemandangan serupa terjadi di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Danau Sentani merupakan danau terbesar dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Papua. Terdapat flora dan fauna yang khas, situs arkeologi, serta perbukitan savana di sekitar Danau Sentani yang indah. Cocok sebagai latar berfoto dari ketinggian.

 

Danau Sentani juga termasuk destinasi wisata yang strategis dan mudah dijangkau oleh wisatawan. Letaknya dekat dengan Bandara Sentani dan akses dari Bandara Sentani ke Kota Jayapura melintasi jalan raya di sepanjang tepi danau sebelah utara. Wisatawan dapat menyewa perahu di beberapa dermaga untuk menikmati pesona Danau Sentani. Di antaranya Dermaga Khalkote di Distrik Sentani Timur, Dermaga Yahim di Distrik Sentani, dan Dermaga Toware di Distrik Waibu.

 

"Sejak pandemi Covid-19, pesona Danau Sentani ini terganggu oleh sampah masker," katanya. Dermaga-dermaga perahu di Danau Sentani, Papua, belum semua dilengkapi tempat sampah dan papan kampanye untuk menjaga lingkungan tetap asri.

 

 

 

Sumber :travel.tempo.co

0 comments: