Taiwan akan mengalami hujan, angin dari Topan Chanthu

Senin, September 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Pinggiran topan diperkirakan akan mempengaruhi Taiwan utara, timur pada sore hari

GIF animasi Topan Chanthu. (gambar NOAA)

TAIPEI — Saat pita hujan Topan Chanthu mulai bergulung, Taiwan utara dan timur akan mengalami angin dan hujan, terutama pada sore hari.

Pada pukul 8 pagi, Topan Chanthu berada sekitar 70 kilometer tenggara Kabupaten Hualien, bergerak ke utara dengan kecepatan 20 kilometer per jam. Itu memiliki radius 200 km dan memiliki angin berkelanjutan maksimum 162 kpj dan hembusan hingga 198 kpj, Biro Cuaca Pusat (CWB) melaporkan.

Pada pukul 8:30 pagi, CWB mengeluarkan peringatan hujan sangat lebat untuk tiga kabupaten dan peringatan hujan lebat untuk delapan kabupaten dan kota.

Peta probabilitas jari-jari angin untuk Chanthu dan Conson. (gambar CWB)

Peringatan hujan yang sangat deras berlaku mulai pagi ini hingga malam hari untuk Kabupaten Pingtung, Kabupaten Yilan, dan Kabupaten Hualien. Peringatan hujan lebat telah dikeluarkan untuk periode yang sama untuk Kota Keelung, Kota Taipei, Kota New Taipei, Kota Taoyuan, Kabupaten Miaoli, Kota Taichung, Kota Kaohsiung, Kabupaten Pingtung, dan Kabupaten Taitung.


CEO WeatherRisk Explore Inc. Peng Chi-ming (彭啟明) mengatakan bahwa di pagi hari Taiwan timur akan mulai melihat angin dan hujan terlebih dahulu. Dia memperkirakan bahwa tidak akan sampai sore hari pita hujan badai akan mulai tiba di Taiwan utara, membawa hujan lebat ke daerah itu.

Peta jalur proyeksi Topan Chanthu. (gambar CWB)

Peramal cuaca CWB Hsu Chung-yi (徐仲毅) mengatakan hujan akan lebih deras di Kabupaten Yilan, Kabupaten Hualien, dan Kabupaten Pingtung. Dia juga memperkirakan hujan lebat di Taiwan utara, termasuk Miaoli, Taoyuan, New Taipei, Taipei, Keelung, dan Yilan, serta Kaohsiung dan Taitung.

CWB memperkirakan bahwa dari Sabtu hingga Senin (11-13 September), total curah hujan kumulatif akan mencapai 300-500 mm di New Taipei City dan Yilan, 200-400 mm di Kabupaten Hualien, dan 150-300 mm di Kota Keelung, Kota Taipei, Kabupaten Pingtung, dan Kabupaten Taitung.

Peta jalur proyeksi Topan Chanthu. (gambar JTWC)

Untuk kecepatan angin, CWB memperkirakan hembusan angin Beaufort akan naik hingga level 12 di Green Island dan Level 11 di Taitung sebelum tengah hari. Angin akan meningkat di utara pada sore hari, sementara menurun di selatan, dengan Yilan melihat hembusan hingga Level 12 dan New Taipei Level 11.

Hsu memperkirakan bahwa Chanthu secara bertahap akan menjauh dari Taiwan pada Senin (13 September), tetapi bagian tengah dan selatan negara itu masih dapat mengalami hujan.

Citra satelit Topan Chanthu. (gambar CWB)

Sumber : Taiwan news

0 comments: