Taiwan mengeluarkan peringatan darat untuk Topan Super Chanthu

Sabtu, September 11, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Chanthu mengemas angin berkelanjutan maksimum 208 kpj, hembusan hingga 262 kpj

Gif animasi dari Super Typhoon Chanthu. (gambar NOAA)

TAIPEI — Biro Cuaca Pusat (CWB) pada 17:30 pada hari Jumat (10 September) malam mengeluarkan peringatan darat untuk Topan Super Chanthu (璨樹), hanya 12 jam setelah mengeluarkan peringatan laut pada pukul 5:30 pagi.

Pada pukul 14.00, Topan Chanthu berada sekitar 530 kilometer selatan-tenggara ujung paling selatan Taiwan Eluanbi, bergerak ke utara-barat laut dengan kecepatan 17 kilometer per jam. Itu memiliki radius 200 km dan mengemas angin berkelanjutan maksimum 208 kpj dan hembusan hingga 262 kpj, CWB melaporkan.

Dalam peringatan lautnya, CWB mengumumkan dinding mata topan besar mendekati Selat Bashi dan mengancam Selat Bashi, perairan lepas pantai tenggara Taiwan, dan bagian selatan Selat Taiwan. Karena biro cuaca yakin badai itu juga semakin berpotensi menimbulkan ancaman bagi daratan Taiwan, biro itu mengeluarkan peringatan darat pada pukul 17:30. untuk Kabupaten Pingtung dan Kabupaten Taitung.

Peringatan laut dan darat dikeluarkan untuk Super Typhoon Chanthu. (gambar CWB)

CWB memperkirakan bahwa ketika topan mendekat di Taiwan, pinggirannya akan mulai berdampak pada negara itu Jumat malam, membawa hujan ke Taiwan timur. Hujan dan angin akan meningkat pada Sabtu (11 September), ketika hujan lebat kemungkinan akan terjadi di Taiwan timur, Kota Keelung, dan Semenanjung Hengchun.

Pada hari Sabtu, penduduk dari semua bagian Taiwan harus mengambil tindakan pencegahan terhadap angin kencang dan hujan lebat. Daerah dengan curah hujan paling tinggi kemungkinan akan terjadi di Taiwan bagian tengah dan utara, Kabupaten Yilan, Kabupaten Hualien, dan daerah pegunungan, terutama di Taiwan utara dan timur, di mana kemungkinan akan terjadi hujan lebat.


Peramal CWB saat ini tidak dapat menentukan jalur badai yang tepat selama akhir pekan. Namun, peramal CWB Hsu Chung-yi (徐仲毅) mengatakan gelombang akan meningkat secara bertahap di Selat Bashi dan perairan di tenggara Taiwan.

Dia menambahkan akan terjadi gelombang besar di lepas pantai Keelung, Taiwan timur (termasuk Pulau Anggrek dan Pulau Hijau), wilayah tengah dan selatan, Semenanjung Hengchun, Penghu, dan Kinmen. Hsu memperingatkan orang-orang untuk sangat berhati-hati di dekat daerah pesisir.

Peta jalur proyeksi Topan Chanthu. (gambar CWB)


Sumber : Taiwan news

0 comments: