Temuan Terkait Disinfektan Fermentasi Limbah Buah Dalam Mematikan Sel Virus Corona

Kamis, September 23, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Kepala Laboratorium Mikrobiologi Terapan, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran (FMIPA Unpad) Bandung, Mia Miranti Rustama menyatakan bahwa kadar alkohol dalam disinfektan fermentasi limbah buah (eco enzyme) tidak dapat mematikan membran sel virus Corona penyebab COVID-19

Menurut Mia syaratnya adalah kadar alkohol yang dihasilkan berdasarkan ketentuan dari badan organisasi kesehatan dunia (WHO) minimal 61 persen dan maksimal 70 persen.

"Sedangkan untuk pembuatan eco enzyme itu hasil proses fermentasi alamnya dari mikroba terhadap sisa dan buah atau karbohidrat gula itu hanya kecil. Paling lima atau 10 persen itu sudah luar biasa," ujar Mia kepada Health Liputan6.com di Bandung pada Rabu, 22 September 2021.

Mia menjelaskan bahwa kandungan alkohol dalam eco enzyme ini kembali berkurang jika disemprotkan ke udara.

Jika mengacu teori secara sederhana, lanjut Mia, kandungan eco enzyme memiliki yaitu alkohol dan asam dipercaya dapat merusak membran sel virus Corona.

"Eco enzyme itu dihasilkan dari limbah buah dan cair jadi hasil alkoholnya tidak terseleksi dengan baik (tidak murni). Karena kebersihan tidak terjaga sehingga mikroba yang didalamnya dibiarkan tumbuh liar membentuk alkohol sendiri," kata Mia.
     

Sumber :Liputan6

0 comments: