Teror Pinjol Bikin Orang Bunuh Diri, Nafa Urbach Sentil Pemerintah

Kamis, September 09, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Teror Pinjol Bikin Orang Bunuh Diri, Nafa Urbach Sentil Pemerintah

Nafa Urbach menerima banyak curhatan di pesan Instagram atau direct message (DM) dari warganet setelah dia mengangkat isu pinjaman online (pinjol) di media sosial beberapa waktu lalu.

Kepada Nafa, mereka bercerita soal teror oknum pinjol karena belum membayar angsuran. Alih-alih masalahnya teratasi, utang lewat pinjol malah menambah masalah baru.

Nafa Urbach bersama keponakannya, Natasha Urbach. [Evi Ariska/Suara.com]

"Dalam kondisi seperti sekarang ini banyak sekali rakyat yang menderita dan yang miskin makin miskin dan yang sakit tidak bisa berobat bahkan untuk beli obat pun tidak berdaya," tulis Nafa di Instagram, Kamis (9/9/2021).

"Saudaraku, apakah PINJOL menjadi solusi dan meringkan beban yang dipikul rakyat atau malah menjadi ancaman pembunuhan perlahan?" tanya Nafa.

Nafa bahkan mendapat data mengenai kasus bunuh diri gara-gara tak kuat diteror pinjol. Dia begitu miris nyawa sampai melayang akibat tak mampu membayar utang.

Nafa Urbach (Ismail/Suara.com)

"Dari data yang saya terima banyak sekali kasus bunuh diri dikarenakan pinjol. Banyak yang memutuskan bunuh diri karena ancaman-ancaman dari pinjol," kata Nafa Urbach.

Karenanya, Nafa Urbach bertanya pada pemerintah kenapa usaha pinjol seperti ini dibiarkan tumbuh subur di Indonesia. Ibu satu anak ini berharap ada solusi bagi masyarakat yang kesusahan.

"Bagaimana hal seperti ini bisa dibiarkan oleh pemerintah dan mengapa pemerintah mengijinkan ini diperbolehkan? Apakah pemerintah tahu akibat orang yang susah dan tidak punya sudah pasti tidak bisa membayar? kata Nafa Urbach.

Tulisan panjang Nafa ini melengkapi unggahan berupa gambar hitam bertuliskan, "Pinjol, meringankan atau membunuh?"


Unggahan Nafa memantik komentar beragam dari warganet. Ada yang bilang kalau pinjol meringankan asalkan tepat penggunaannya.

"Meringankan kalau tepat penggunaannya. Dan harusnya sebagai peminjam harus tahu kapasitas dirinya," komentar akun @putry_mhps13.

"Karena terpaksa. Mau gimana lagi," komentar @hakim_javanese.

"Bunganya gila sih. Harus cek dulu sebelumnya," timpal @ronaldizco.


Sumber :suara

0 comments: