TKI Asal Cilacap Meninggal di Malaysia, Keluarga Kesulitan Pulangkan Jenazah

Kamis, September 02, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Seorang Pekerja Migran Indonesia atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Desa Sidamulya, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Yulia Silvi, 24 tahun, meninggal dunia di Malaysia Selasa. Meski tidak didiagnosa positif Covid-19, keluarga kesulitan memulangkan jenazah. 

 

Kakak ipar almarhumah, Bayu Firmansyah mengatakan berdasar keterangan rumah sakit, dokter mendiagnosa penyakit adiknya adalah autoimun. Sebelum meninggal dunia,Yulia dirawat di sebuah rumah sakit di Johor, selama 10 hari. 

 

“Adik saya meninggal hari Selasa. Saya dapat kabar langsung dari HRD ASJ Component Malaysia, tempatnya bekerja di Malaysia. HRD itu telepon sama saya, sekitar pukul 09.10 WIB. Mengabarkan bahwa adik saya sudah meninggal,” katanya, melalui sambungan telepon, Rabu malam

 

Kata dia, sebelumnya Yulia juga sempat mengikuti tes PCR rutin sebanyak tiga kali dengan hasil negatif. Namun, pemulangan jenazah ternyata terkendala. Pihak Airland sebuah maskapai Indonesia di Malaysia siap memulangkan jenazahke Indonesia. Akan tetapi, pihak maskapai di Indonesia justru menolak. Padahal, almarhumah meninggal bukan karena Covid-19. “Kalau dari pihak Malaysianya sudah siap. Tapi yang masih menolak yang di sini,” ucapnya.

 

Dia mengungkapkan, sebelum meninggal dunia,Yulia dirawat dua kali di rumah sakit berbeda. Keduanya didiagnosa autoimun atau lupus. Belakangan, muncul gejala sesak napas yang mirip dengan Covid-19. Namun hasil tes PCR negatif. "Katanya di paru-parunya ada bakteri, tapi hasil tes PCR negatif Covid, hanya saja dokter tidak berani memulangkan karena mirip gejala Covid, faktanya test PCR menunjukkan negatif," ungkapnya.


 

 

Sumber : gatra.com

0 comments: