Turboprop militer China memasuki ADIZ Taiwan

Senin, September 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Pesawat PLAAF telah dilacak di zona selama sembilan hari berturut-turut

Cina Y-8 ASW. (foto MND)

TAIPEI — Sebuah pesawat militer China terbang ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan pada Sabtu sore (12 September), menandai intrusi ke-10 bulan ini.

Pesawat perang anti-kapal selam Shaanxi Y-8 One People's Liberation Army Air Force (PLAAF) memasuki sudut barat daya ADIZ Taiwan, menurut Kementerian Pertahanan Nasional (MND). Sebagai tanggapan, Taiwan mengirim pesawat, menyiarkan peringatan radio, dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara untuk melacak pesawat PLAAF.

Serangan kemarin menandai hari kesembilan berturut-turut pesawat China terbang ke zona identifikasi Taiwan. Beijing telah mengirim campuran pesawat pengintai, jet tempur, dan pembom ke zona itu setiap hari bulan ini kecuali 2 September.

Sejak September tahun lalu, Beijing telah meningkatkan taktik zona abu-abu dengan secara rutin mengirim pesawat ke ADIZ Taiwan, dengan sebagian besar kejadian terjadi di sudut barat daya zona tersebut.



ADIZ adalah area yang melampaui wilayah udara suatu negara di mana pengontrol lalu lintas udara meminta pesawat yang masuk untuk mengidentifikasi diri. Taktik zona abu-abu didefinisikan "sebagai upaya atau serangkaian upaya di luar pencegahan dan jaminan kondisi mapan yang berupaya mencapai tujuan keamanan seseorang tanpa menggunakan kekuatan langsung dan cukup besar."

Menurut data MND, pesawat China terlacak di ADIZ Taiwan 14 kali pada Juli, 10 kali pada Juni, 18 kali pada Mei, 22 kali pada April, 18 kali pada Maret, 17 kali pada Februari, dan 27 kali pada Januari. Tahun lalu, mereka diamati 19 kali pada bulan Desember, 22 kali pada bulan November, dan 22 kali pada bulan Oktober.

Jalur penerbangan pesawat China pada Sabtu. (gambar MND)

Sumber : Taiwan news

0 comments: