Waspada Main ke Laut Ini, Sedang Musim Ular Kawin, Jadi Agresif Mendekat ke Manusia

Kamis, September 02, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


https: img.okezone.com content 2021 09 01 406 2464646 waspada-main-ke-laut-ini-sedang-musim-ular-kawin-jadi-agresif-mendekat-ke-manusia-PtSKv9Na9C.jpg

ULAR
laut yang sangat berbisa dan terangsang secara seksual dapat menyerang manusia jika perilaku manusia membingungkan mereka dengan ular lain selama musim kawin.


Seperti terlihat dalam video TikTok @ybsbrodie milik Brodie Moss. Dalam video tersebut, tampak seekor ular laut berenang di atas permukaan air mendekat ke perahu wisatawan.

Lalu mencoba naik, tapi sejenak kemudian ia turun lagi ke air lalu berenang menjauh dari perahu dan menghilang masuk ke dalam air.

Soal ganasnya ular laut yang terangsang secara seksual di musim kawin pernah diteliti oleh para pakar, sebagaimana dilansir dari The Guardian, Rabu (1/9/2021).

Ilustrasi

Para peneliti dari tiga universitas di Australia yang bekerja di Great Barrier Reef Selatan menemukan bahwa ular laut zaitun, berungkali mendekati penyelam, membuat gerakan cepat dan tersentak-sentak juga sangat aktif di musim dingin, ketika mereka berkembang biak.

Tindakan agresif itu kemungkinan karena “salah indentitas selama interaksi seksual” tulis Tim Lynch, dari CSIRO di Hobart, Ross Alford dan Richard Shine dalam sebuah studi yang dirilis pada Scientific Reports.


Ular-ular itu tampaknya percaya bahwa penyelam ialah saingannya atau potensial pasangannya.

“Pada pandangan pertama, gagasan bahwa seekor ular mungkin mengira manusia sebagai ular lain nampaknya menggelikan, mengingat perbedaan besar dalam ukuran dan bentuk antara kedua objek itu,” tulis para peneliti.

Ilustrasi

Ular laut mungkin tidak dapat melihat dengan baik di bawah air, mereka mengaburkan kemampuan mereka untuk membedakan manusia dari ular. Ular Zaitun atau ular laut ini memiliki kemampuan besar untuk menggigit korban manusia dan mengemas racun yang mematikan.

“Mencoba melarikan diri kemungkinan akan sia-sia dan bahkan dapat meningkatkan semangat pengejaran. Berusaha mengusir hewan tersebut dapat menyebabkan pembalasan.” tulis peneliti.


Sumber : okezone

0 comments: