5 Cara Atasi Ketombe dengan Gula Pasir

Senin, Oktober 11, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Menurut ahli, kandungan AHA atau glycolic acid pada gula mampu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit kepala lebih bersih. (iSstockphoto/Doucefleur)

Jauh sebelum tren penggunaan kopi pada rambut, gula sempat jadi primadona. Gula khususnya gula pasir biasanya dijadikan scrub alami buat kulit.
Tinggal ditambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa, scrub gula akan menghaluskan bibir, kulit wajah juga badan. Karena bisa jadi scrub alami, gula juga bisa diaplikasikan untuk menangani rambut berketombe.

Menurut Eddy Karta, dokter spesialis kulit dan kelamin, mengatakan kandungan AHA atau glycolic acid pada gula mampu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit kepala lebih bersih.


Bagaimana penggunaan gula pasir buat rambut berketombe?

1. Campur dengan sampo
Anda tidak perlu ganti sampo demi formula lebih ampuh menangani ketombe. Ahli dermatologi Francesca Fusco menyarankan untuk mencampurkan gula dengan sampo.

"Menambahkan satu sendok makan gula ke sesendok sampo akan mengeksfoliasi kulit kepala dengan lembut dan mudah larut dan dibilas tanpa meninggalkan residu pada rambut," jelas Fusco, seperti dikutip Marie Claire.

Dengan cara ini, Anda juga membuat penggunaan produk berikutnya jadi lebih efektif seperti tonik atau vitamin rambut.

2. Masker gula dan minyak sawit
Eddy menuturkan gula bisa digunakan sebagai hair mask. Namun di sini perlu ditambahkan bahan-bahan lain untuk memaksimalkan manfaat.

Siapkan satu sendok makan gula pasir, satu sendok makan minyak kelapa sawit dan 2-3 tetes tea tree oil. Campurkan semua bahan dan pijat pada kulit kepala hingga bagian batang rambut. Diamkan masker selama 15-20 menit lalu keramas seperti biasa.

"Minyak kelapa sawit bersifat anti eksim dan tea tree oil bersifat antimikroba. Bila ketombe tidak membaik maka perlu pemeriksaan lanjutan ke dokter," kata Eddy saat dihubungi beberapa waktu lalu.

3. Kombinasi masker rambut dan gula
Di pasaran banyak tersedia masker rambut yang aman dan praktis digunakan. Padukan saja dengan gula sehingga Anda akan menciptakan scrub kulit kepala yang ampuh menangani ketombe.

Cukup siapkan 1-2 sendok makan hair mask dan satu sendok makan brown sugar atau gula pasir biasa. Kombinasikan kedua bahan hingga tercampur rata lalu pijatkan pada kulit kepala. Setelah itu diamkan selama sekitar 3 menit lalu bilas.

4. Scrub oatmeal dan gula
Menurut Hello Glow, scrub dengan bahan brown sugar dan oatmeal akan mengeksfoliasi kulit kepala dengan lembut, melembapkan dan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel. Ramuan ini juga tidak akan memperparah kelebihan minyak di kulit kepala.

Cukup campurkan 2 sendok makan brown sugar, 2 sendok makan oatmeal yang sudah dihaluskan dan 2 sendok makan kondisioner. Terlebih dahulu keramas seperti biasa untuk menghilangkan produk penataan rambut, baru aplikasikan scrub. Pijat dengan gerakan memutar baru bilas hingga bersih.

5. Scrub gula dan cuka apel
Cuka apel telah lama dikenal mampu membuat rambut lebih berkilau. Tak hanya itu, cuka apel juga mampu membantu mengatasi masalah ketombe dan minyak berlebih di kulit kepala.

Menurut laporan Life and Reflection, memadukannya dengan gula akan menghasilkan scrub kulit kepala yang ampuh membasmi sel-sel kulit mati, ketombe dan kotoran yang membandel.

Bahan:
1 sendok makan minyak kelapa
2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh cuka apel (apple cider vinegar)
1 sendok teh madu
3 tetes minyak rosemary

Cara penggunaan:



Campur semua bahan hingga jadi pasta. Dalam kondisi setengah basah, balurkan scrub pada kulit kepala dan pijat dengan gerakan memutar. Setelah itu, bilas dan keramas seperti biasa.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: