7 Cara Melunasi Hutang dengan Cepat

Selasa, Oktober 19, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Cara melunasi hutang dengan cepat (Foto: Shutterstock)

7 Cara melunasi hutang dengan cepat. Ada banyak cara buat yang bertekad terbebas dari hutang. Tetapi seringkali kendala utamanya klasik yaitu tidak berani mengambil action yang tegas.

Melunasi hutang dengan lebih cepat dari waktu jatuh tempo bukanlah hal yang mustahil. Kuncinya, harus ada kemauan yang kuat untuk dapat melunasi hutang sehingga durasinya lebih singkat dan lekas tuntas.

Namun, dengan tingginya pengeluaran dan gaji yang pas-pasan, membayar cicilan hutang pun bisa membuat kewalahan. Status gagal bayar harus dihindari sebab bisa membuat nama kamu masuk dalam daftar hitam (blacklist) Bank Indonesia. Jika hal ini terjadi, di masa depan kamu akan sulit mengajukan permohonan.

Berikut 7 tips untuk melunasi hutang agar lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu kamu.

1. Pakai Sebagian Tabungan

Gunakan sebagian tabungan untuk membayar cicilan hutang. Kamu bisa menggunakan sebagian uang tabunganmu agar segera terbebas dari hutang. Tapi ingat sebaiknya tidak menggunakan semua uang tabungan untuk membayar hutang. Karena tentu saja uang tabungan ini sejatinya akan dibutuhkan untuk keperluan dana darurat.

2. Lebihkan Pembayaran

Sebaiknya melakukan pembayaran lebih di setiap bulan atau tahun. Jika dalam satu bulannya kamu harus membayar Rp1,2 juta, maka bayarlah tambahan Rp1,2 juta selama satu tahun.

Bagi pembayaran bulanan kamu dalam 12 kali pembayaran. Lalu tambahkan jumlah itu ke setiap pembayaran bulanan.

Sebagai contoh bila cicilan Rp1,2 juta maka dibagi 12 berarti Rp100.000. Berarti kamu perlu menambahkan Rp100.000 dalam setiap kali pembayaran. Maka untuk pembayaran setiap bulannya akan menjadi Rp1,3 juta.

3. Potong Pengeluaran

Evaluasi kembali aliran uang kamu untuk apa saja. Kemudian pisahkan kategori kebutuhan dan yang sekedar keinginan untuk belanja. Segera kencangkan ikat pinggang alias berhemat dengan cara hindari mampir ke kedai kopi atau tempat makan siang favorit selama ini.

Jika berat dalam menentukan pengeluaran mana yang dapat dipotong, maka mulailah dengan menyusun anggaran (budgeting). Caranya dengan manfaatkan beragam aplikasi pengaturan keuangan yang tersedia. Aplikasi tersebut pasti akan membantu mencatat dan mengatur prioritas pengeluaran.

4. Cari Pendapatan Tambahan

Bila ingin melunasi utang dengan cepat, jangan sekedar fokus untuk menabung. Karena solusi tercepat justru adalah memperbesar arus pendapatan.

Kerahkan seluruh kemampuan yang kamu miliki untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satunya dengan menjadi pekerja lepas atau freelancer. Bahkan juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan mobil atau motor yang dimiliki untuk menghasilkan sejumlah uang.

5. Stop Bikin Hutang Baru

Logika umum dalam menghentikan hutang adalah memutuskan sumbernya yaitu kartu kredit ataupun pinjaman online (pinjol). Biasanya kartu kredit dan pinjol memiliki suku bunga terbesar dibanding hutang lainnya dan itu yang membuat hutang semakin menumpuk membuat hidup sengara.

6. Jual Aset yang Dimiliki

Jika ternyata hutang yang dimiliki sudah melebihi rasio 30 persen, maka kamu bisa mencoba untuk mengkaji aset yang dimiliki. Karena mau tidak mau hutang harus tetap dilunasi. Maka kamu bisa mencoba untuk menjual beberapa aset yang mungkin bisa digunakan untuk membantu melunasi utang tersebut.

Pertimbangkan untuk menjual kendaraan yaitu motor atau mobil, yang mungkin jumlah uangnya cukup besar, dan segera lunasi hutang.

7. Negosiasi Tambahan Gaji

Coba ajukan dengan bilang kepada pihak atasan tentang masalah finansial yang kamu alami. Tentunya, kamu juga harus membuktikan bahwa kamu pantas mendapatkan promosi.


Sumber : okezone.com

0 comments: