8 Fakta Unik Lesung Pipi 'Dimple' yang Wajib Kamu Tahu

Kamis, Oktober 21, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Lesung pipi seperti yang dimiliki Kim Seon-ho dan Shin Min-a memang sering dianggap sebagai pemanis. Tapi ada fakta yang harus diketahui soal lesung pipi (Arsip Netflix)


Hometown Cha Cha Cha memang sudah berakhir dengan rencana Hong Banjang dengan dokter gigi Hye-jin yang berencana akan menikah. Namun satu euforianya masih jadi sukai banyak orang. Bahkan ada juga yang mengungkapkan betapa cocoknya pasangan yang sama-sama punya lesung pipi atau dimple ini. Bahkan mereka juga dijuluki sebagai dimple couple.
Bicara soal lesung pipi atau dimple seperti yang dimiliki Kim Seon-ho dan Shin Min-a memang sering dianggap sebagai pemanis. Senyum orang berlesung pipi sering dibilang lebih manis dan menggemaskan. Sejak beberapa tahun lalu, keinginan orang untuk punya lesung pipi membuat mereka rela melakukan operasi plastik.

Pada 2017 lalu tren operasi plastik mulai berubah ke arah 'melubangi' wajah untuk menciptakan lesung pipi yang disebut dimpleplasty.

"Alasan tidak semua orang punya lesung pipi adalah karena adanya hubungan kuat antara otot wajah dengan kulit. Orang yang tidak punya lesung pipi tidak memiliki anatomi tersebut," kata dokter bedah plastik asal New York, Darren Smith seperti dikutip dari Allure.


"Saat otot di bawah kulit bergerak, ia menarik kulit dan menciptakan lesung pipi. Bayangkan Anda menarik bagian tengah serbet yang keempat sudutnya tertahan."

Dikutip dari The Independent, demi mendapatkan tampilan menggemaskan, jumlah kaum milenial yang membuat lesung pipi buatan melalui dimpleplasty pun makin meningkat.

Dokter bedah plastik asal Atlanta, Wright Jones menuturkan permintaan dimpleplasty meningkat tiga kali lipat dalam beberapa tahun belakangan.

Berikut ada sederet fakta soal lesung pipi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Simak yang berikut:

1. Populasi manusia berlesung pipi
Mengutip healthline, prevalensi manusia berlesung pipi bisa bervariasi menurut populasi. Satu penelitian terhadap lebih dari 2.300 orang menemukan bahwa sekitar 37 persen peserta punya lesung pipi.

2. Lesung pipi = cacat
Lesung pipi seperti yang dimiliki Kim Seon-ho dan Shin Min-a dan orang-orang lainnya ternyata adalah sebuah kelainan atau cacat otot.

Lesung pipi terkadang disebabkan oleh perubahan pada otot wajah yang disebut zygomaticus mayor. Otot ini terlibat dalam ekspresi wajah. Pada orang tanpa lesung pipi, otot zygomaticus mayor biasanya dimulai pada tulang di pipi Anda yang disebut tulang zygomatic. Kemudian mengalir ke bawah, menghubungkan ke sudut mulut Anda.

Karena lesung pipi dapat terjadi akibat variasi otot yang terjadi selama perkembangan janin, lesung pipi terkadang salah disebut sebagai cacat lahir. Meski demikian, lesung pipi juga tak memiliki efek kesehatan yang negatif.


3. Genetik atau bawaan lahir
Manusia mewarisi satu set gen ibu dan ayah yang disebut alel.
Sering dikatakan bahwa lesung pipi adalah sifat dominan yang diturunkan. Namun, sangat sedikit penelitian yang benar-benar dilakukan tentang genetika sebenarnya dari lesung pipi. Tidak diketahui apakah lesung pipit benar-benar diwariskan atau tidak.

Orang dengan lesung pipi memang cenderung memiliki anak dengan lesung pipi. Ini menunjukkan bahwa itu adalah sifat dominan yang diwariskan.

Karena pola pewarisan lesung pipi tidak dapat diprediksi, beberapa peneliti mengklasifikasikannya sebagai sifat dominan tidak beraturan. Ini berarti lesung pipi sering, tetapi tidak selalu, diwariskan sebagai sifat dominan.

Dalam sebuah wawancara dengan Majalah Smithsonian, Brent Moelleken, seorang ahli bedah plastik dan profesor klinis ahli bedah di University of California di Los Angeles, menjelaskan, "Lesung pipi adalah kelainan yang diturunkan secara genetik dari otot di pipi."

4. The gelasin joyous
Dikutip dari The List, orang mungkin bingung ketika disebut gelasin. Meskipun kata tersebut terdengar sangat mirip dengan "gelatin", namun memiliki arti yang sangat berbeda dari protein yang larut dalam air. Seperti yang diungkapkan wordsmith.org, gelasin sebenarnya hanyalah istilah lain dari lesung pipit. Itu berasal dari kata Yunani "gelaein" yang berarti "tertawa."

Martial, seorang penyair Romawi abad pertama mungkin adalah salah satu yang pertama menulis tentang lesung pipit, menyebut seseorang tanpa "gelasin gembira" sebagai "wajah kurang ramah."

Namun, pada abad ke-21, "lesung pipit" sebagian besar telah menjadi istilah yang lebih populer. Laporan tahun 2016 diJournal of Pharmaceutical Science and Research mendefinisikan gelasin dan lesung pipi sebagai "lipatan kecil atau lekukan di bagian pipi yang berdaging."

5. Simbol keberuntungan
Pemilik lesung pipi disebut sebagai orang yang beruntung. Di China, lesung pipi telah lama dikaitkan dengan segala hal mulai dari niat baik hingga daya tarik.

"Dan telah diterima bahwa istri berlesung pipit adalah orang yang membawa kebahagiaan dan keberuntungan bagi keluarga," tulis sebuah artikel Bedah Plastik dan Rekonstruksi tahun 1962.

Dalam studi tahun 2007 di China, peneliti mengungkapkan bahwa "lesung pipit dapat membuat [wanita Asia] lebih percaya diri."

Departemen Rumah Sakit Bedah Plastik di Akademi Ilmu Kedokteran China dan Perguruan Tinggi Kedokteran Serikat Peking di Beijing, China mengungkap, sejak pertengahan abad, negara-negara Asia lainnya juga mulai mengaitkan lesung pipit dengan "wajah tersenyum yang cantik."


6. Dua lesung pipi, lesung pipi langka
Tahukah Anda biasanya lesung pipi hanya 'nongol' di satu sisi pipi. Orang yang punya lesung pipi di kedua pipi ternyata termasuk lesung pipi langka.
Sebuah laporan oleh para profesor di Departemen Anatomi di Universitas Abant Izzet Baysal di Turki mengungkapkan bahwa lesung pipi sering terjadi di kedua sisi wajah seseorang. Lesung pipi yang ada di kedua pipi sebenarnya termasuk fenomena langka. Kemungkinan bahwa seseorang dapat memiliki lesung pipit unilateral: hanya satu lesung pipit di sisi kiri atau kanan wajahnya.

Namun dimple couple seperti Kim Seon-ho dan Shin Min-a termasuk punya lesung pipi yang langka karena ada dimples di kedua pipinya.

Namun, yang sama langkanya dengan lesung pipi ini adalah "fovea inferior angle oris" - alias satu lesung pipi di setiap sisi sudut mulut. Namun, dari satu kasus yang dapat dievaluasi oleh para peneliti, lesung pipit di sudut mulut ini tampaknya bersifat genetik.

7. Lesung pipi bisa terjadi di seluruh tubuh
Meski namanya lesung pipi namun 'lubang' ini tak hanya ada di pipi, tapi juga ada di tubuh bagian lain, misalnya dagu atau sudut mulut.

Bagian lainnya adalah dua lesung di punggung bawah yang disebut lesung venus. Lesung ini disebabkan oleh "ligamen pendek yang membentang antara tulang belakang iliaka posterior superior dan kulit," menurut artikel 2014 di International Journal of Dermatology. Sama seperti lesung pipi, lesung pipi, dan lesung pipi di sudut mulut, lesung pipit di punggung bagian bawah diasumsikan bersifat genetik.

8. Lesung pipi = awet muda
Ahli bedah plastik Amanda Wong-Powell berspekulasi bahwa lesung pipit di punggung bawah menarik karena menandakan kebugaran dan awet muda.

Tapi apakah itu juga terjadi pada lesung pipi? Brent Moelleken, ahli bedah plastik dan profesor klinis bedah di University of California di Los Angeles, mengatakan kepada Smithsonian Magazine: "Orang-orang memperdebatkan mengapa ini adalah fitur yang menarik." Bisa jadi, menurut teorinya, lesung pipit adalah semacam "ciri masa muda."


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: