Buruh Migran Sukses Jadi Sarjana, Begini Pengakuan Duta Besar, Akademisi, dan Pejabat BP2MI

Selasa, Oktober 12, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur sukses menyelenggarakan upacara wisuda bagi 27 lulusan strata satu (S1). Para lulusan mayoritas Pekerja Migran Indonesia (PMI), dengan perincian  22 wisudawan dari UT Pokjar Kuala Lumpur dan 5 wisudawan dari UT Pokjar Johor Bahru.

 

 

 

Pada upcara wisuda tersebut, Pusat Pelayanan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN) Universitas Terbuka menetapkan tiga lulusan terbaik berdasarkan perolehan indeks prestasi komulatif di atas 3.0. 

 

 

Mereka yang mendapat predikat lulusan terbaik semuanya berasal dari UT Pokjar Kuala Lumpur, sebagai berikut: Indri Astuti, Apriliana, dan Yayuk Sulastri Tambunan.

 

 

 

Duta Besar RI untuk Kerajaan Malaysia Bpk. Hermono mengaku salut dengan buruh migran yang dengan susah payah berjuang untuk meningkatkan kualifikasi dan keterampilan diri.

 

Apalagi banyak PMI yang lulus tetap waktu meraih gelar sarjana di bidangnya masing-masing merupakan buah dari kerja keras dan bahkan mengorbankan waktu istirahat demi bisa mengerjakan tugas walau sudah penat seharian bekerja.

 

Kepala BP2MI Benny Rhamdani yang dalam kesempatan tersebut diwakilkan oleh Deputi Perlindungan dan Penempatan Asia Afrika Bpk Agustinus Gatot Hermawan mengaku salut dengan kerja keras pekerja migran di luar negeri dalam memperbaiki taraf ekonimi keluarga dan kualifikasi serta kompetensi diri.

 

 

Ada harapan dengan meningkatnya kualifikasi dan keterampilan diri, mereka bisa lebih siap kembali ke tanah air dan menciptakan lapangan kerja sendiri.

 

 

Manakala Rektor UT Prof Ojat Darojat juga mengaku semua ini merupakan kerja keras semua pihak, terutama para mahasiswa dalam mengerjakan tugas perkuliahan di tengah-tengah kesibukan dan komitmen kerja.

 

 

Hal senada disampaikan oleh Kepala PPMLN-UT Dr. Pardamean Daulay yang menyelipkan rasa kagum serta pesan-pesan motivasi bagi para lulusan lewat bait-bait pantun untuk terus membangun kemampuan diri agar lebih berdaya saing dalam dunia global. Antara pantun yang disampikan adalah:

 

Pergi ke pasar untuk belanja,

Tidaklah lupa membeli jambu;

Walau sibuk seharian bekerja,

Terus semangat menuntut ilmu.

 

 

 

Bila layar sudah terkembang,

Pantang nakhoda menurunkan jangkar;

Bila gelar sudah disandang,

Tetap tawaduk teruslah belajar.

 

 

 

Kini PMI di luar negeri memiliki kesempatan luas untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi diri dalam bidang akademik dan keterampilan. Dan hari ini mereka membuktikan kemampuan yang sangat luar biasa itu. Sukses selalu

 

 

 

 

 

Sumber :kompasiana.com

0 comments: