Cara Bersihkan Noda Kopi dari Karpet dan Jok Mobil

Kamis, Oktober 07, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Kebiasaan minum kopi tidak pernah lepas dari keseharian masyarakat Indonesia. Tak jarang kopi diminum sebagai "obat" penghilang rasa kantuk saat berkendara.
Namun terkadang pengemudi lalai dan menumpahkan kopi ke interior mobil seperti pada karpet dan pelapis jok mobil berbahan fabric atau kain. Lalu bagaimana cara menghilangkannya?

Noda kopi di interior mobil tidak sedap dipandang dan membuat frustasi, tetapi dengan sedikit pengetahuan dan alat yang tepat noda kopi bisa dihilangkan. Berikut cara menghilangkan noda kopi di interior mobil.


Menggunakan cuka
Cuka putih memiliki banyak kegunaan lebih dari sekadar membersihkan noda kopi. Caranya dengan mencampurkannya dengan air untuk membersihkan noda kopi di karpet dan jok mobil. Hindari menggunakan cuka secara langsung karena itu malah akan merusak lapisan karpet dan jok mobil.

Setelah air dan cuka putih tercampur, siram dengan kadar tidak terlalu banyak ke handuk dan kemudian usap handuk ke area yang hendak dibersihkan. Dan lakukan beberapa kali sampai noda hilang.

Larutan kira-kira sepertiga cuka, dua pertiga air dan cairan detergen seperti sabun cuci piring.

Menggunakan detergen
Deterjen apa pun dapat membantu menghilangkan noda kopi. Anda dapat mencampurkannya dengan air dan kemudian memasukkannya ke dalam botol semprotan. Semprotkan deterjen pada noda kopi lalu kemudian biarkan selama 10 sampai 15 menit agar detergen bekerja maksimal sebelum membersihkannya dengan lap kering dan bersih.

Juga bisa gunakan dengan sikat yang lembut setelah itu lap bersih. Selain sikat kita juga bisa menggunakan kuas untuk mengangkat noda kopi. Gosok perlahan agar tidak merusak komponen yang terkena noda kopi.

Keringkan area yang basah
Setelah dilakukan pembersihan, keringkan karpet dan jok mobil. Jika cuaca sedang baik, kita bisa membiarkan jendela terbuka agar area basah pada jok kering dengan sendirinya. Untuk karpet bisa dijemur di bawah terik matahari.






Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: