China Kirim 38 Jet Tempur ke Langit Taiwan, Taipei Geram dan Siapkan Rudal

Senin, Oktober 04, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

 


Taiwan telah melaporkan 38 jet militer China terbang ke zona pertahanan udaranya pada hari Jumat 1 Oktober 2021 --menjadikan aksi itu sebagai intrusi terbesar Beijing di Pulau Formosa hingga saat ini.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan, pesawat-pesawat yang termasuk di antaranya merupakan bomber nuklir, memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) dalam dua gelombang.

Taiwan menanggapi dengan menyiagakan jet dan sistem rudal pertahanan udara mereka, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (2/10/2021).

China melihat Taiwan yang demokratis sebagai provinsi yang memisahkan diri, tetapi Taiwan melihat dirinya sebagai negara berdaulat.

Taiwan telah mengeluh selama lebih dari setahun tentang misi berulang oleh angkatan udara China di dekat pulau itu.

"China telah secara ceroboh terlibat dalam agresi militer, merusak perdamaian regional," kata Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang kepada wartawan pada hari Sabtu.

Pemerintah di Beijing - yang menandai 72 tahun sejak berdirinya Republik Rakyat China - sejauh ini tidak membuat komentar publik.

Tetapi sebelumnya dikatakan penerbangan semacam itu untuk melindungi kedaulatannya dan juga menargetkan "kolusi" antara Taiwan dan AS.


Sumber :Liputan6

0 comments: