Diduga Kena Tipu, Puluhan Calon TKI Ngadu ke Dinperinaker Brebes

Kamis, Oktober 07, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

 Puluhan calon Pegawai Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mendatangi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Brebes, Selasa. Kedatangan mereka untuk mengadu nasib mereka yang diduga telah menjadi korban kasus dugaan penipuan.

 

 

Informasi yang didapat, setelah mendatangi dinperinaker, puluhan perwakilan calon PMI mendatangi Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Brebes untuk melaporkan dugaan kasus penipuan yang dialami oleh mereka.

 

 

Kepala Dinperinaker Kabupaten Brebes Warsito Eko Putro membenarkan bahwa ada 10 calon PMI yang mendatangi kantornya. Mereka datang untuk mengadukan nasib menjadi korban dugaan penipuan yang dilakukan oleh salah satu pihak Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

 

 

"Iya benar tadi ada 10 calon PMI yang mengadu ke kita. Dan saat ini, kami akan melakukan pendampingan, karena saat ini mereka akan menempuh jalur hukum," ujarnya.

 

 

Dijelaskannya, P3MI yang menjanjikan mereka bekerja belum terdaftar sebagai penyalur tenaga migran resmi dan belum tercantum di Kemenaker. Bahkan, pihaknya langsung menginventarisir semua dokumen milik calon PMI agar bisa diselamatkan.

 

 

"Memang perusahaan ini sudah mendaftar di Kemenkum HAM, namun di Kementerian Tenaga Kerja belum masuk. Karena, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi," jelasnya.

 

 

Sumber :radartegal.com

0 comments: