Disnaker Blitar Gelar Pelatihan Wirausaha Buruh Migran

Jumat, Oktober 08, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar melakukan sosialisasi perundangan dan pelatihan wirausaha,  di hotel Ilhami  selama 6  hari.

 

 

Kegiatan sosialisasi perundang-undangan ini sasarannya adalah para pekerja migran yang telah pulang dari luar negeri. Karena selama ini pekerja migran yang telah pulang ke Indonesia hanya sebatas untuk menghabiskan uangnya untuk konsumtif.

 

 

 

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar Mujianto mengatakan bahwa sosialisasi perundang undangan dan pelatihan Wira usaha ini ditujukan kepada 20 orang yang semuanya mantan pekerja migran. Kegiatan ini dilangsungkan selama enam hari.

 

 

 

“Sasaran dari kegiatan ini adalah para pekerja migran yang telah pulang ke kampungnya. Adapun tujuan dilakukannya sosialisasi dan pelatihan Wira usaha ini dimaksutkan untuk memberikan bekal kepada para pekerja migran bagaimana bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, ujar Mujianto.

 

 

 

Mujianto menjelaskan bahwa dalam kegiatan selama 6 hari ini, juga mengundang pihak terkait seperti Bapedda, Bea  Cukai serta Bagian Perekonomian untuk memberikan wawasan kepada para mantan pekerja migran ini.

 

 

 

Lebih lanjut, Mujianto juga mengatakan bahwa selama pelatihan ini para peserta yang mengikuti kegiatan ini akan diberikan pelatihan berupa tata boga, pembuatan abon, kue serta pelatihan tentang usaha baber shop.

 

 

Selain itu, selama mengikuti kegiatan ini, para peserta juga akan dibekali tentang kewirausahaan terkait dengan menjalankan bisnis secara online. Serta bagaimana menangkap peluang untuk mendapatkan usaha yang bisa dikembangkan.

 

“Nantinya para mantan pekerja migran ini diharapkan bisa untuk meningkatkan taraf kehidupannya melalui usaha yang dikembangkannya,”tegasnya.

 

 

Mujianto menambahkann bahwa para peserta ini nantinya akan mendapatkan sertifikat pelatihan. Selain itu juga nantinya akan ada manusia monitoring dan evaluasi setelah kegiatan ini.

 

 

Sumber : afederasi.com

0 comments: