Hantu Seram di Indonesia, yang Terakhir Suka Menghisap Darah Seperti Drakula

Senin, Oktober 11, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

 Setiap negara mempunyai cerita tentang hal berbau mistis dengan sosok hantu dan mahluk astral yang berbeda-beda.

 

 

Di Indonesia masyarakat masih sangat kental dengan istilah hal mistis, mulai dari pesugihan, dukun, hingga makhluk astral yang begitu melekat di kehidupan masyarakat Indonesia dari dulu hingga sekarang.

 

 

Di Indonesia, kita juga mengenal beragam cerita makhluk halus seperti pocong, genderuwo hingga kuntilanak yang konon ada di mana-mana.

 

 

Sosok beberapa hantu tadi semakin melekat karena sering diangkat dalam film horor Indonesia.

 

 

Masih banyak hantu seram lainnya yang dianggap sebagai hantu legendaris.

 

 

Seperti halnya beberapa hantu lokal berikut ini. seperti dikutip Jurnal Soreang dari berbagai sumber sosok hantu lokal ini belum menyamai kepopuleran kuntilanak, pocong, genderuwo dan juga tuyul.

 


1. Banaspati



Nama banaspati mulai sering terdengar di telinga orang Indonesia.

 

 

Alasan hantu ini tidak begitu terkenal adalah karena hantu ini hanya ada di daerah tertentu saja. Tapi warga Jawa Tengah biasanya tahu apa itu banaspati.

 

 

Banaspati berbentuk bola dengan api menyala yang bisa membakar dan menghisap darah manusia.

 

 

Menurut cerita, banaspati adalah perwujudan manusia yang mempelajari ilmu hitam tingkat tinggi. Ketika meninggal, orang ini akan berubah menjadi banaspati.


Banaspati memiliki sifat negatif sehingga harus dihindari. Untuk bisa selamat dari serangannya, orang harus lari secepat mungkin dan menceburkan diri ke sungai.

 

 

2. Antu Banyu

 

Orang-orang Sumatera Selatan mengenal antu banyu sebagai hantu yang mendiami Sungai Musi dan Muara Dua.

 

Tak ada yang tahu seperti apa sosok hantu ini sebenarnya. Konon, hantu ini berwujud seperti wanita berambut panjang dan memiliki tubuh yang sangat berat. Maka dari itu kenapa setiap kapal yang dinaiki oleh Untu Banyu selalu tenggelam.

 

 

Orang yang menaiki kapal tersebut akan dibunuh dan dimakan oleh antu banyu. Jika mayatnya ditemukan, akan terlihat lubang di bagian ubun-ubun dan punggungnya.


3. Glundung Plecek

 

 

Hantu Glundung Plecek yang ada di Pulau Jawa ini merupakan kepala manusia yang terlepas dari tubuhnya.

Hantu ini suka mengitari jalanan dan membuat manusia yang melihatnya jadi ketakutan. Ia jatuh seperti durian atau kepala, ketika orang akan mengambil buah tersebut hantu ini akan muncul dan membuat orang tersebut menjadi takut dan terus mengejar hingga orang itu hingga terjatuh.

4. Parakang



Jenis hantu ini berasal dari Sulawesi Selatan. Parakang sangat suka memangsa anak-anak yang ditinggal sendiri oleh orang tuanya.


Hantu ini menyerupai manusia tapi rambutnya berantakan dan mempunyai bau yang khas.

 

 

Terkadang Parakang suka merubah wujudnya menjadi hewan seperti kucing atau anjing, tetapi kaki bagian belakangnya akan lebih panjang dan ketika berjalan hewan perwujudan Parakan akan terlihat berjalan menunduk di bagian kepalanya.

 

Jika seseorang terkena gigitannya maka akan mengalami gangguan pencernaan hingga buang air selalu berdarah.

 

 

5. Mariaban

 

 

Mariaban adalah hantu atau siluman yang hidup di pedalaman Kalimantan.

 

Hantu ini memiliki tubuh yang besar dan bulu lebat di tubuhnya. Masyarakat Kalimantan juga suka berburu Mariban untuk diambil bulu dan minyaknya, konon katanya bulu dan minyak tersebut jika ada wanita yang disukai bisa terkena pelet.

 

 

 

Hantu Mariaban suka minum darah dan biasanya mereka menangkap manusia yang sendirian di dalam hutan. Mereka akan membunuh manusia tersebut dengan menghisap semua darahnya sampai habis

 

 

 

Sumber :jurnalsoreang

0 comments: