Kemenkop Optimistis Digitalisasi 30 UMKM Tercapai di 2024

Jumat, Oktober 01, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UMKM Eddy Satriya optimistis target 30 juta digitalisasi UMKM tercapai di 2024. Dia menuturkan saat ini sudah ada 15 juta UMKM yang terhubung dengan digitalisasi.

 

 

"Kami optimistis itu bisa tercapai. langkah-langkahnya banyak, salah satunya literasi digital meningkatkan melalui scaling up, on boarding dan lain sebagainya," kata Eddy dalam diskusi virtual, Kamis.

 

 

 

Dia mengatakan salah satu langkahnya, yaitu menghubungkan atau on boarding pelaku UMKM dengan salah satu atau beberapa platform.

 

 

 

"Kita kumpulkan UMKM, apapun produksi mereka kemudian dibantu dengan menyampaikan data-data mereka kepada platform, kemudian mereka dilatih oleh platform tadi. Kemudian bisnis mereka masuk dalam platform digital," ujarnya.

 

 

 

Kedua, kapasitas produksi UMKM juga dikurasi dengan baik oleh tim Kementerian Koperasi dan UKM dan platform. Ketiga, memastikan kapasitas produksi yang terus berkesinambungan. Kemudian memastikan kualitas produk sesuai dengan harga dan contoh yang telah difoto atau video dalam platform jual beli digital.

 

 

 

"Dan terakhir akses pasar dibantu oleh platform," kata dia.

 

 

Selain itu, Kemenkop dan UMKM juga berkolaborasi dengan seluruh stakeholders baik BUMN, kementerian dan lembaga lain, dalam hal ini Kominfo dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk memberikan pelatihan dan layanan-layanan terkait dengan transaksi dan lain sebagainya.

 

 

"Juga dengan dukungan satelit nanti bsia mencapai seluruh titik yang sekarang mungkin masih ada blank spot. Juga beberapa sambungan-sambungan dari operator yang tentu saja meningkatkan potensi mereka mengakses pelanggan-pelanggan," kata Eddy.

 

 

 

Sumber : tempo

0 comments: