Ngaben Digelar Lagi, "Angin Segar" bagi Pariwisata Bali

Rabu, Oktober 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Upacara adat Ngaben di Bali (Foto: Instagram/@aniablazejewska)


TREN menurunnya kasus Covid-19 dan pelonggaran PPKM membawa secercah harapan akan pulihnya pariwisata Bali. Hal itu ditandai oleh kembali digelarnya upacara adat ngaben dengan menerapkan protokol kesehatan ketat sebagaimana anjuran pemerintah.

Upacara adat ngaben atau pelebon mendiang Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung di kawasan Sanur, Denpasar, Bali pada Jumat kemarin disiarkan secara langsung di saluran YouTube Kemenkes.

Seorang pemangku agama yang juga anggota Satgas Covid-19 di kawasan Sanur, Mangku Praja mengungkapkan, upacara adat ngaben sudah terhenti selama setahun lebih.

“Ngaben terhenti satu tahun lebih. Jadi, dipakailah dengan jalan kremasi atau krematorium untuk menghindari keramaian atau berkumpulnya masyarakat dalam hal melakukan upacara,” kata Mangku Praja melansir dari kanal YouTube Kemenkes.

Upacara Adat Ngaben

(Foto: Instagram/@wayan_darmaja)

Dengan dimulainya kembali prosesi upacara ngaben dengan prokes ketat lanjutnya, maka ini menjadi asa tersendiri agar pariwisata Pulau Dewata kembali normal.

“Harapan saya dan masyarakat umum di Sanur, karena kehidupan kami tergantung dengan pariwisata, saya menginginkan masyarakat di masa new normal ini tetap mengikuti prokes dan selalu menjaga imun tubuh dalam hal menjaga kesehatan, agar kehidupan pariwisata di Bali bisa berjalan seperti semula,” tuturnya.

Sementara salah satu pengunjung asal Jakarta, Yulia berharap badai pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga masyarakat dapat kembali hidup normal.

“Semoga pandemi cepat berlalu kita semua harus patuhi peraturan pemerintah supaya ini cepat berlalu dan bisa menikmati liburan dengan lebih tenang lagi,” kata dia.

Sekadar informasi, mendiang Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung merupakan salah satu tokoh penting sektor pariwisata di Bali.

Semasa hidup, ia aktif di berbagai organisasi pariwisata. Di antaranya PHRI Bali, Kadin Bali, PATA Bali, Apindo Bali, dan Lions Club International. Dirinya juga pernah menjabat sebagai Ketua PHRI Bali pada 1985-1995.


Sumber : okezone.com

0 comments: