Ngeri! Ubur-Ubur Beracun Terdampar di Pantai, Bisa Membunuh Manusia Meski Sudah Mati

Sabtu, Oktober 09, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2021 10 08 406 2483095 ngeri-ubur-ubur-beracun-terdampar-di-pantai-bisa-membunuh-manusia-meski-sudah-mati-CSLA3z1CBD.JPG

CUACA ekstrem telah mengusik para hewan laut hingga memaksa mereka keluar dari sarang menuju perairan dangkal di Pantai Inggris untuk mencari plankton. Tak terkecuali ubur-ubur Portugis yang dikenal sangat mematikan.

Tubuh ungunya memang sangat menarik dilihat, namun hewan ini memiliki tentakel seperti pita yang dapat tumbuh hingga 160 kaki atau 50 meter dan berbahaya. Hewan tersebut belum lama ini terdampar di Pantai Sennen dekat Teluk Portheras di Cornwall, barat daya Inggris.

Seorang juru bicara Wildlife Trust mengatakan, ubur-ubur Portugis hidup di permukaan laut terbuka, yang mengapung oleh kandung kemih berisi gas.

“Ini memiliki struktur seperti jambul di bagian atas yang berfungsi sebagai layar. Mereka tidak bisa berenang dan berada di bawah pengaruh angin. Itulah sebabnya mereka sering berakhir terdampar setelah badai besar," kata dia, melansir The Sun.

Ubur-ubur Portugis

“Mereka adalah predator yang menakutkan, menangkap ikan kecil dan crustacea dengan tentakel panjang mereka yang menyengat. Tentakel inilah yang perlu Anda waspadai juga, karena ubur-ubur Portugis bisa menyengat lama (bahkan) setelah hewan itu mati," tuturnya. 


Wildlife Trust menyebut, makhluk ini sebenarnya jarang ditemukan di Inggris, namun mereka bisa saja terdampar antara bulan September hingga Desember jika angin barat berhembus kencang.

Penjaga pantai mengatakan, anak muda dan orangtua paling berisiko meninggal dunia jika tersengat ubur-ubur Portugis.


Sumber : okezone

0 comments: