Pengamat: Tren bisnis ritel sudah mulai bergeser ke online

Jumat, Oktober 01, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Pengamat Bisnis, Teguh Hidayat menilai tren retail offline kini sudah beralih ke online. Hal ini apalagi didorong dengan gaya hidup yang semakin mengarah ke digital dengan adanya pandemi Covid-19. 

 

 

 

Teguh mengatakan, saat ini ritel-ritel juga telah menyediakan aplikasi agar memudahkan masyarakat berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan mudah hanya lewat genggaman.  

 

 

 “Kalau kita bicara seperti ritel saat ini sudah mulai beralih ke digital, kita lihat Carrefour sebagai market leader juga sudah punya aplikasi, bahkan hingga Alfamart dan Indomaret juga punya aplikasi,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis.

 

 

Sementara menanggapi beralihnya Giant ke bisnis furniture IKEA, Teguh menilai memang adanya pergeseran bisnis lantaran memang adanya faktor yang tidak kuat di bidang ritel. “Sehingga bagi pemain yang bukan market leader seperti Giant dia akan susah bersaing dengan Carrefour maupun dengan Hypermart,” katanya.  

 

 

Di tambah lagi, ia menilai bisnis supermarket ini tidak akan pernah punah maupun menurun. Sementara di bisnis furniture sendiri di nilai memang tengah menjadi tren bagi segmen menengah ke atas. Namun berbeda tren bisnis tersebut di nilai tak bisa dilakukan secara online, sebab kebanyakan orang ingin membeli furniture dengan melihat dan meraba langsung.  

 

 

“Khususnya untuk kalangan menengah keatas memang naik untuk selera furniture. Karena segmen ini berhubungan dengan kenyamanan,” tutupnya. 


 

Sumber : kontan.co.id

0 comments: