Pesona Alamnya Memikat Mata, Ini Legenda Danau Toba yang Wajib Kalian Ketahui

Sabtu, Oktober 30, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Pesona Alamnya Memikat Mata, Ini Legenda Danau Toba yang Wajib Kalian Ketahui

Danau Toba menjadi salah satu danau terbesar di Indonesia. Dikenal karena memiliki satu pulau di bagian tengahnya, Pulau Samosir, ternyata dibalik keberadaannya ada legenda yang menarik. Legenda Danau Toba, akan jadi bahasan kita kali ini.

Legenda Danau Toba

Jika mengacu pada cerita rakyat yang dipercaya warga sekitar, area Danau Toba ini tadinya merupakan dataran kering. Dataran kering ini dihuni oleh seorang pria bernama Toba.

Pada suatu hari, Toba menemukan ikan mas ajaib saat sedang memancing. Tak disangka, ikan mas tersebut menjelma jadi wanita cantik dan membuat Toba jatuh cinta.

Diceritakan bahwa Toba kemudian menikah dengan wanita cantik ini. Mereka hidup cukup bahagia dan berhasil dikaruniai seorang anak. Anak ini kemudian diberi nama Samosir.

Tidak sesuai dengan watak kedua orang tuanya, Samosir tumbuh jadi seorang pemuda yang pembangkang dan sering membuat Toba marah. Ini yang jadi awal dari kekacauan yang akan terjadi.

Samosir, suatu saat, diminta oleh ibunya mengantarkan makanan kepada ayahnya yang berada di ladang. Namun Samosir justru berhenti di lapangan bola, dan bermain bola bersama teman-temannya.

Bekal makanan yang ditujukan untuk ayahnya justru disantap oleh Samosir, sehingga habis dan membuat ayahnya marah.

Petaka datang bersama kemaran Toba. Pada awal pernikahannya, Toba dan istrinya sudah berjanji tak akan membahas asal-usul istrinya yang merupakan ikan mas ajaib. Sumpah ini kemudian dilarang oleh Toba, karena ia merasa sangat marah.

Ketika Toba menyumpahi anaknya sebagai anak ikan, sontak muncul mata air di bagian jejak kaki Toba. Mata air ini mengeluarkan air yang sangat deras, dan tak bisa dihambat oleh apapun.

Air memenuhi desa tempat mereka dan terus bertambah. Dalam waktu singkat, air membanjiri area tersebut.

Samosir yang sadar akan hal ini lari menuju ke bukit di tengah danau yang mulai terbentuk. Dari sinilah, Danau Toba dan Pulau Samosir terbentuk.

Itu tadi legenda Danau Toba yang dipercaya oleh warga sekitar di kawasan Danau Toba. Semoga dapat menjadi satu informasi yang berguna, dan selamat menjalankan aktivitas Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian


Sumber : suara

0 comments: