Puluhan Kata Korea Masuk Kamus Oxford, Daebak hingga Oppa

Kamis, Oktober 07, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Hangul. Oxford English Dictionary (OED) memasukkan lebih dari 20 kata dari bahasa Korea ke dalam kamus bahasa Inggris populer tersebut. (AFP/JUNG YEON-JE)

Pihak pengelola Oxford English Dictionary (OED) mengumumkan mereka memasukkan lebih dari 20 kata dari bahasa Korea ke dalam kamus bahasa Inggris populer tersebut.
Dalam publikasi yang dirilis pada Rabu (6/10) waktu Inggris, pihak OED menyebut "masuknya kata-kata asal Korea ke dalam bahasa Inggris ini sebagian besar disebabkan oleh fenomena yang disebut hallyu atau gelombang [budaya] Korea, peningkatan minat internasional terhadap Korea Selatan dan budaya populernya,"

"Terutama yang ditunjukkan oleh kesuksesan global musik, film, televisi, mode, dan makanan," lanjut OED.


OED menyebut popularitas dari budaya Korea Selatan, yang dimulai sejak dekade '90-an di Asia Timur dan Tenggara, telah menjadi fenomena global pada dekade 2010-an.

Hal itu disebut sebagian besar didorong berkat keberhasilan berbagai konten hiburan Korea di media sosial dan platform video.

OED mencatat, produk budaya dan konsumen dari Korea Selatan begitu dicari di Asia dan sekitarnya. Kemudian pasar tersebut semakin luas kala menggunakan bahasa Inggris sebagai lingua franca global.

"Itulah bagaimana sebuah negara ketika bahasa Inggris bukan bahasa mayoritas, dan di mana bahasa Inggris tidak memerankan peran resmi, bisa memiliki dampak dalam bahasa Inggris modern," tulis OED.

"[Korea] K-trend saat ini, meliputi K-pop, K-drama, K-beauty, K-food, dan K-style, memperkenalkan kosakata baru yang dengan cepat diadopsi oleh penutur bahasa Inggris di seluruh dunia," lanjutnya.

BTS pakai hanbok. Kata "hanbok" masuk Oxford English Dictionary. (TWITTER/BTS OFFICIAL)

Pihak kamus bahasa Inggris Oxford yang kerap disebut sebagai "pencatat resmi kata-kata bahasa Inggris" mengatakan sebagian besar kata-kata bahasa Korea dalam kamus tersebut datang dari bahsa Korea yang merujuk ke sejumlah makna budaya dari negara Asia itu.
Kata-kata tersebut seperti aegyo alias ungkapan gemas, banchan yang merupakan sejenis makanan pendamping, bulgogi, daebak atau "luar biasa", Hangul atau alfabet Korea, japchae, kimbap, oppa, taekwondo, unni.

"Kata-kata asal Korea lainnya yang direkam oleh OED dibentuk dalam bahasa Inggris melalui berbagai proses, seperti afiksasi, peracikan, loan blending, dan konversi dari satu bagian ucapan ke bagian lain," kata OED.

Kata-kata tersebut seperti fighting yang menunjukkan ekspresi penyemangat, K-Pop, PC bang atau sejenis warnet, serta skinship atau kontak fisik yang melambangkan kasih sayang atau ikatan emosi.

1. aegyo
2. banchan
3. bulgogi
4. chimaek
5. daebak
6. dongchimi
7. fighting
8. galbi
9. hallyu
10. hanbok
11. japchae
12. K-
13. K-drama
14. kimbap
15. Konglish
16. Korean wave
17. manhwa
18. mukbang
19. noona
20. oppa
21. PC bang
22. samgyeopsal
23. skinship
24. tang soo do
25. trot
26. unni
27. gisaeng
28. Hangul
29. Juche
30. kimchi
31. Kono
32. Korean
33. K-pop
34. sijo
35. taekwondo
36. won
37. yangban


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: