Terkini Bisnis: Pinjaman Online Kreditcepat Dihapus hingga Soal Subway di Citos

Selasa, Oktober 19, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

 Berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang Ahad pagi, dimulai dari OJK menghapus Kreditcepat dari daftar pinjaman online terdaftar hingga soal gerai Subway di Citos.

 

 

 

Adapula berita tentang Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah akan menambah bantuan uang tunai untuk mengurangi kemiskinan ekstrem serta berita Pertamina telah mengoperasikan 2.848 Pertashop.

 

 

 

 

Berikut empat berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang pagi ini:

 

 

 

1. Alasan OJK Hapus Kreditcepat dari Pinjaman Online Terdaftar

 

 

 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghapus PT Alfa Fintech Indonesia (Kreditcepat) dari perusahaan financial technology lending alias pinjaman online terdaftar. Penghapusan dilakukan berupa pembatalan tanda bukti terdaftar.

 

 

 

"Karena ketidakmampuan penyelenggara meneruskan kegiatan operasional," demikian bunyi keterangan resmi OJK, dikutip pada Minggu.

 

 

 

 

Saat ini, OJK mencatat ada 106 pinjaman online yang terdaftar di OJK per 6 Oktober 2021. Sementara saat pengumuman terakhir pada 8 September 2021, jumlahnya 107 pinjaman online.

 

 

 

 

Penghapusan perusahaan pinjol terdaftar ini merupakan informasi yang rutin disampaikan OJK setiap bulan. Pengertian dari terdaftar adalah perusahaan yang saat ini sedang dalam proses mendapatkan izin permanen dan wajib mengajukan permohonan izin permanen kepada OJK.

 

 

 

Di dalamnya, ada sebagian yang berstatus berizin. Berizin artinya
perusahaan yang telah mendapatkan izin permanen dan memiliki sertifikat Sistem Manajemen Keamanan Informasi SNI/ISO 270001.

 

 

 

September lalu, OJK mengumumkan tujuh pinjaman online yang menerima pembatalan tanda bukti terdaftar. Alasan penghapusan tujuh pinjaman online ini pun juga sama, yaitu karena ketidakmampuan penyelenggara meneruskan kegiatan operasional.

 

 

 

2. Ma'ruf Amin Sebut Bantuan Tunai Akan Ditambah untuk Tangani Kemiskinan Ekstrem

 

 

 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin berkunjung ke Kupang, Nusa Tenggara Timur, Ahad. Di provinsi tersebut, Ma’ruf mengatakan pemerintah akan menambah bantuan uang tunai untuk mengurangi kemiskinan ekstrem.

 

 

 

“Karena (2021) tinggal tiga bulan, kita tambahkan bantuan uang tunai untuk mempercepat (penanggulangan kemiskinan). Hasilnya nanti akan kita evaluasi di akhir tahun,” ujar dia dalam keterangan tertulis Sekretariat Wakil Presiden, Ahad.

 

 

 

Ma’ruf mengatakan pemerintah telah menetapkan tujuh provinsi prioritas dan 35 kabupaten masuk dalam program prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem 2021. Lima kabupaten di antaranya ada di Provinsi NTT. Penetapan itu mengacu pada data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik (BPS)2020.

 

 

 

 

Setelah memutuskan titik-titik prioritas kemiskinan, pemerintah melakukan dua langkah penanggulangan. Pertama, Ma’ruf mengatakan pemerintah melakukan perlindungan sosial dengan memberi bantuan seperti sembako dan bantuan tunai.

 

 

 

Selanjutnya, pemerintah melakukan pemberdayaan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dua langkah ini diklaim akan membantu masyarakat di daerah prioritas lepas dari kemiskinan ekstrem.

 

 

 

Ma’ruf melanjutkan, Indonesia mengejar target nol kemiskinan ekstrem pada 2024. Setelah target tercapai, negara akan secara bertahap menangani masalah kemiskinan secara umum.

 

 

 

 3. Ada 2.848 Pertashop hingga Awal Oktober, Bos Pertamina Sebut 3 Kontribusi

 

 

 

PT Pertamina (Persero) mengklaim telah mengoperasikan 2.848 Pertashop yang tersebar di seluruh Indonesia hingga awal Oktober 2021.

 

 

 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan kehadiran Pertashop diharapkan dapat mempermudah aksesibilitas energi bagi masyarakat desa, sekaligus menggerakkan perekonomian di desa.

 

 

 

 

"Sampai dengan awal Oktober 2021, jumlah Pertashop yang sudah beroperasi telah mencapai 2.848 unit tersebar di seluruh Indonesia," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

 

 

 

 

Nicke menyampaikan pertumbuhan Pertashop memiliki tiga kontribusi mulai dari menurunkan emisi, meningkatkan penggunaan produk lokal, dan memutar ekonomi di desa.

 

 

 

Saat ini, shifting pengguna Premium ke Pertalite diprediksi bisa menurunkan emisi karbon sebesar 5 juta ton.

 

 

 

Pertamina menargetkan bisa menurunkan emisi karbon sebanyak 12 juta ton pada 2022, melalui pertumbuhan penjualan produk Pertamax.

 

 

 

4. Gerai Subway Pertama di Indonesia, Simak Sistem Antrean dan Cara Pemesanannya

 

 

 

Keramaian pengunjung memburu sandwich Subway di Cilandak Town Square masih terjadi di hari kedua beroperasinya kemarin. Sistem antrean panjang mengular masih dengan tertib diikuti oleh para pelanggan. 

 

 

 

Jika Anda tak ingin ketinggalan mencicipi menu makanan yang ditawarkan gerai waralaba internasional itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari sistem antrean hingga cara pemesanan. Adapun pemesanan online dan lewat ojek online hingga kini belum diberlakukan.

 

 

 

Dari pantauan Tempo sejak kemarin siang hingga malam, gerai Subway yang berada tepatnya di lantai 1 mal Citos itu terlihat ramai. Subway memperbolehkan pengunjungnya untuk dine-in dengan maksimal 1 meja untuk satu orang dengan batas waktu makan hanya 30 menit. Antrean juga terlihat untuk pengunjung yang akan membawa pulang pesanannya atau take away.

 

 

 

Sistem Antrean

 

 

Bila ingin menikmati sandwich di restoran Subway pertama di Indonesia ini, Anda akan diminta untuk mengambil nomor urut terlebih dahulu di luar gerai. Kemudian, Anda harus melewati dua pos yang sudah didirikan oleh pihak Subway di luar gerai. 

 

 

 

Pos pertama yang terletak di jembatan lantai 1 tepatnya depan restoran Eatlah untuk mengambil nomor urut dan tempat menunggu. Di sini, karyawan Subway akan meminta data diri seperti nama dan nomor telepon Anda.

 

 

 

Setelah itu, Anda akan diberikan nomor antrean dan form menu. Anda dapat mengisi pesanan di dalam form menu dan memberikannya ke Sandwich Artist. Form menu itu berisikan seputar informasi menu dan harga yang ditawarkan.

 

 

Sumber :tempo.co

0 comments: