3J, Kunci Utama Atur Pola Makan Cegah Diabetes

Selasa, November 16, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Kunci utama mengatur pola makan pada diabetesi adalah 3J. Berikut penjelasannya. (istockphoto/fcafotodigital)

Jakarta, CNN Indonesia -- Tingginya gula darah dalam tubuh bisa menyebabkan diabetes. Pola makan yang buruk adalah salah satu biang kerok tingginya gula darah.
Staff divisi endokrin, metabolik dan diabetes, Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI, Martha Rosana mengatakan, saat terkena diabetes pengaturan pola makan memang penting, namun bukan berarti ada pantangan untuk konsumsi makanan tertentu.

Alih-alih berhenti mengonsumsi makanan tertentu, menguranginya atau menjaga agar tak memakan apapun secara berlebihan adalah hal yang seharusnya dilakukan.


"Intinya adalah kalau soal makanan itu harus seimbang, gizi, nutrisi, kalori semuanya harus seimbang," kata Martha dalam media briefing yang digelar Tropicana Slim secara virtual, Jumat (12/11).

Martha membagikan tips hidup sehat yang bisa dijalani para penderita diabetes agar bisa selalu sehat dan memiliki kadar gula yang seimbang. 

1. Jadwal

Memiliki jadwal makan yang teratur memang penting bagi mereka yang menderita diabetes. Dari mulai jadwal makan pagi, siang hingga makan malam harus teratur setiap harinya.

Untuk urusan jadwal ini sebaiknya tidak dilanggar dan harus menjadi rutinitas yang tak pernah dilewatkan.

2. Jumlah

Selain jadwal makan, Anda yang menderita diabetes juga harus memerhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Namun sebaiknya terkait jumlah ini tidak melakukan hitungan sendiri.

Konsultasikan dengan dokter terkait kebutuhan harian dan berapa jumlah yang harus dikonsumsi. Dokter juga bisa membantu membuat meal planning untuk kebutuhan sehari-hari.

"Nanti akan ditanya pola makan biasanya bagaimana, paling banyak makan di waktu apa, perlu snacking tidak, akan dibagi-bagi. Kurang lebih itu," katanya.

3. Jenis

Ini berkaitan dengan komponen makanan yang akan dikonsumsi. Untuk jenis ini akan dihitung berapa kebutuhan kalori yang diperlukan setiap harinya, lalu apa saja yang bisa dikonsumsi dan berapa banyak untuk memenuhi gizi agar tetap seimbang.

"Di sini tidak akan ada larangan makanan tertentu, yang pasti hanya akan diatur jumlahnya berapa banyak," kata dia.

Biasanya kata Martha dokter yang menangani pasien diabetes akan memperkenalkan konsep my plate atau piring saya. Para penderita diabetes akan diajarkan untuk lebih banyak mengonsumsi serat dalam artian setengah piring harus diisi serat dari buah dan sayuran.

"Sisanya baru karbohidrat baik itu umbi, nasi atau jagung dan daging atau protein," kata dia.



Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: