4 Fakta Mandalika Lombok: Tuan Rumah MotoGP hingga Destinasi Wisata Kelas Dunia

Jumat, November 12, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Mandalika Lombok memiliki banyak fakta yang menarik untuk diulik. Sebab, Mandalika Lombok akan menjadi salah satu tuan rumah balap motor kelas dunia.

 

 

Mandalika Lombok juga memiliki objek wisata yang luar biasa. Pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik kawasan ini.

 

 

Dengan luas area sekitar 1.035 hektar dan keindahan pantainya, Mandalika Lombok berpotensi jadi destinasi wisata kelas dunia.

 

 

Berikut fakta menarik kawasan Mandalika Lombok yang telah dirangkum JOMBANG UPDATE dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpareraf) dan berbagai sumber.

 

 

1. Kawasan Ekonomi Khusus

 

Pada tahun 2011, pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan pemerintah Kabupaten Lombok Tengah mengajukan wilayah Kuta, termasuk Mandalika Lombok sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Pengajuan KEK wilayah Kuta merupakan respon pemerintah daerah atas inisiatif pemerintah pusat untuk membangun NTB sebagai kawasan pariwisata. Hingga pada tahun 2017, Mandalika Lombok diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

 

2. Sirkuit Bertaraf Internasional

Kualitas trek sirkuit Mandalika Lombok sangat bagus. Bahkan untuk memenuhi standar internasional, beberapa bahan dalam pembangunan trek ini harus diimpor dari negara lain.

Selaku pihak yang dipercaya membangun sirkuit Mandalika, PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengimpor aspal khusus dari Inggris. Aspal ini digunakan sebagai lapisan paling atas trek sirkuit.

3. Tuan Rumah MotoGP 2022

Mandalika Lombok akan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP 2022. Balap motor kelas dunia ini akan digelar di sirkuit Mandalika.

Rencananya, MotoGP Mandalika diselenggarakan tahun 2021. Karena pandemi Covid-19, kompetisi balap motor ini terpaksa ditunda hingga Maret 2022.

 

4. Destinasi Wisata Kelas Dunia

Selain sirkuit bertaraf internasional, Mandalika Lombok memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pasir putih pantai dan bukit yang hijau, dijamin akan memanjakan para wisatawan.

Mandalika Lombok memiliki beberapa objek wisata kelas dunia seperti Pantai Kuta Mandalika, Pantai Gerupuk, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Seger. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende.

 

 

Sebagai informasi, Mandalika Lombok juga menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) 2021. Kompetisi ini akan digelar pada 19-21 November mendatang.

 

 

Demikian empat fakta menarik tentang Mandalika Lombok. Kemegahan sirkuit dan keindahan alamnya menjadikan Mandalika Lombok sebagai destinasi wisata kelas dunia yang perlu dikunjungi.

 

 

 

 

Sumber :jombangupdate

0 comments: