5 Anime Horor yang Pas Menemani Kalian Rayain Halloween

Jumat, November 12, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Halloween identik dengan cerita horor, hantu atau yang seram-seram. Kebetulan, genre horor ini bisa dengan mudah ditemukan di banyak platform hiburan, termasuk anime. Banyak anime genre horor yang pas ditonton saat Halloween dan bikin bulu kuduk berdiri.

 

 

Yang menarik, anime horor ini banyak yang benar-benar menakutkan sehingga punya tempat khusus di hati penggemarnya. Horor di sini bukanlah semacam gore atau action atau horor seperti franchise Scary Movie. Horor terbaik di anime adalah serial yang benar-benar bikin merinding, merasakan ketakutan, dan pemandangan yang meresahkan yang menggunakan media ini dengan cara yang tidak bisa dilakukan film live-action



Anime tidak punya masalah dalam memunculkan segala emosi penonton, mau itu senang, sedih, marah, jijik atau nyaman. Tapi, ketakutan sering terasa seperti pengecualian. Horor memicu rasa ketakutan yang lebih umum yang melampaui cerita fiksi. Ada beberapa anime horor yang berhasil melakukannya. Apa saja? Berikut ulasannya!
 

 

1. Shiki

 

Shiki adalah perwujudan vampir ala Jepang. Tapi, kata-kata saja tidak cukup untuk menggambarkan bagaimana anime ini membuat penontonnya jadi resah dan ketakutan. Ceritanya dimulai ketika serangkaian pembunuhan aneh terjadi di sebuah kota kecil.

Pembunuhan ini juga kebetulan terjadi bertepatan dengan kedatangan sebuah klan tua yang baru saja pindah ke kastil di pinggiran kota. Ini terdengar cukup langsung mengena pada sasaran. Tapi, twist-nya membuat anime ini pas ditonton para pecinta horor. 
 


2. Ajin: Demi-Human 

 

 

Ajin: Demi-Human mengisahkan tentang Kei Nagai, seorang siswa yang baru tahu kalau dia adalah Ajin setelah tertabrak truk dan mati. Karena Ajin hidup abadi dan bisa beregenerasi secara instan, mereka pun diburu pemerintah untuk digunakan di berbagai macam bidang. Kei pun terpaksa kabur untuk menghindari digunakan sebagai eksperimen.

Dia pun mulai menyelami dunia Ajin dan kerusuhan antara Ajin dan manusia yang memperlakukan mereka layaknya monster tak berperikemanusiaan. Banyak yang mengabaikan serial ini karena animasinya yang menggunakan gaya 3D, bukan 2D yang biasanya dipake di anime. Padahal animenya punya cerita hebat. Antara adegan mutilasi brutal dan ketidakmanusiawian sistem pemerintah.Ajin: Demi-Human bakal menarik, menakuti dan membuat kalian ingin lagi. 
 


3. Tokyo Ghoul 

 

Daftar anime horor sepertinya tidak akan lengkap tanpa menyebut Tokyo Ghoul. Ini adalah salah satu judul terpopuler dari genre ini. Season pertamanya jelas pas ditonton saat Halloween. Tokyo Ghoul berkisah tentang seorang mahasiswa bernama Ken Kaneki yang berada di pintu kematian setelah diserang Rize Kamishiro, setan kuburan yang dikencani Ken. 
 
Setelah operasi yang menyelamatkan nyawanya dengan mengimplantasi organ Rize ke tubuhnya, Ken jadi setengah ghoul dan harus makan daging manusia untuk tetap hidup. Serial ini mengikuti perjuangannya di saat dia berusaha menerima nasib, mempertanyakan apa artinya dan menyembunyikan identitas ghoul-nya dari manusia di sekitarnya. Serial mencampur antara gore dan horor psikologis untuk menciptakan serial yang menarik dan menakutkan.  

4. Another
 
Another adalah horor dan anime. Jadi, jika dua hal ini dibuat ke sebuah diagram Venn, “sekolah” mungkin akan muncul sebagai tempat paling umum. Tentu saja, SMP Yomiyama Utara adalah salah satu institusi paling angker di anime.

Keangkeran ini dimulai ketika seorang siswa bunuh diri di masa lalu dan teman-teman sekelasnya berpura-pura kalau dia masih hidup untuk menghadapinya. Ini secara tidak sengaja memanggil sesosok hantu jahat memulai menyebabkan lebih banyak bunuh diri dan kematian. Tapi, ini tidak hanya di antara siswa SMP, melainkan juga di keluarga para siswa itu selama puluhan tahun. 


5. Yami Shibai
 
Yami Shibai atau Cerita Hantu Jepang itu seperti menonton terungkapnya satu episode kelumpuhan tidur. Anime ini berisi sejumlah cerita pendek atau episode yang masing-masing menceritakan tentang legenda urban Jepang. Penasaran, kan?

Animasinya agak sedikit mentah, tapi cara berceritanyalah yang lebih menjual ketimbang visualnya. Tiap cerita punya pelajarannya sendiri dan cerita yang mengakar di budaya dan tradisi Jepang serta sejumlah cerita yang sangat imajinatif. Pastikan menonton anime ini dengan lampu dimatikan dan sendirian untuk mendapatkan atmosfir yang lebih baik.

Sumber :gensindo

0 comments: