5 Cerita Rakyat Jepang, Sumber Inspirasi Tempat Wisata Populer hingga Film Horor

Selasa, November 16, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Jepang sangat populer sebagai tujuan wisata budaya, yang ternyata juga banyak menyimpan cerita rakyat Jepang sebagai inspirasinya. Hal itu memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Negeri Sakura. Cerita rakyat Jepang lainnya yang populer dilestarikan dengan berbagai adaptasi seperti film dan anime. Contohnya film The Ring, yang konon mengambil cerita rakyat Jepang bernama ‘Okiku’ sebagai inspirasinya. Lainnya bahkan dikenal sebagai simbol lokasi wisata populer yang menginspirsi suvenir wisatanya. Berikut ini 5 cerita rakyat Jepang dan tempat wisata populer yang terinspirasi kisahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cerita Rakyat Jepang, Sumber Inspirasi Tempat Wisata Populer hingga Film Horor", Klik untuk baca: https://internasional.kompas.com/read/2021/11/13/173000870/5-cerita-rakyat-jepang-sumber-inspirasi-tempat-wisata-populer-hingga?page=all.
Penulis : Bernadette Aderi Puspaningrum
Editor : Bernadette Aderi Puspaningrum

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0

Jepang sangat populer sebagai tujuan wisata budaya, yang ternyata juga banyak menyimpan cerita rakyat Jepang sebagai inspirasinya. Hal itu memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Negeri Sakura.

 

 

 

Cerita rakyat Jepang lainnya yang populer dilestarikan dengan berbagai adaptasi seperti film dan anime. Contohnya film The Ring, yang konon mengambil cerita rakyat Jepang bernama ‘Okiku’ sebagai inspirasinya.

 

 

 

Lainnya bahkan dikenal sebagai simbol lokasi wisata populer yang menginspirsi suvenir wisatanya. Berikut ini 5 cerita rakyat Jepang dan tempat wisata populer yang terinspirasi kisahnya.


1. Momotaro


Sebagai pahlawan paling terkenal dan dicintai dalam cerita rakyat Jepang, Momotaro berarti "putra tertua persik" dalam bahasa Jepang. Ini mengacu pada mitos kelahiran pahlawan dari buah persik.

 

 

 

Persik tersebut ditemukan oleh seorang wanita tua tanpa anak saat mencuci pakaian di sungai. Ketika suaminya membelah buah, seorang anak laki-laki yang sehat melompat keluar dari dalam.


Pasangan itu pun dengan gembira menganggap anak itu sebagai hadiah dari surga. Anak itu diberi nama Momotaro, dan dibesarkan sebagai anak mereka sendiri.

 

 

Bertahun-tahun kemudian, Momotar? remaja memulai perjalanan berbahaya ke pulau yang jauh untuk memerangi monster perampok.

 



 

Selama ekspedisi ini, ia merekrut pasukan besar, yang terdiri dari anjing yang bisa berbicara, monyet, dan burung pegar. Bersama dengan pengikutnya yang setia, Momotar? mengalahkan iblis dan kembali ke rumah dengan banyak kekayaan.

 

 

 

Cerita cerita rakyat Jepang yang unik ini berasal dari wilayah Okayama. Saat ini, Momotaro adalah maskot wisata informal untuk Kota Okayama, yang sering ditemukan pada suvenir dan hadiah.

 

 

Konon pulau iblis yang dimaksud adalah Megijima, sebuah pulau kecil di dekat Takamatsu yang terletak di seberang Laut Pedalaman Seto dari Kota Okayama.


2. Urashima Taro

Dongeng Jepang yang sedih dan aneh tentang Urashima Taro melibatkan seorang nelayan muda yang menyelamatkan penyu raksasa dari intimidasi oleh anak-anak.

 

 

 

 

Sebagai rasa terima kasih, kura-kura, yang bisa berbicara, membawa Taro ke istana naga bawah laut yang dikenal sebagai Ryugu. Di sana, nelayan muda itu disambut hangat oleh Otohime, putri cantik istana dan sementara hidup dalam kemewahan.

 

 

 

Namun, akhirnya Urashima Taro bosan dengan kemewahan dan ingin pulang ke keluarganya. Sebagai hadiah perpisahan, Otohime memberi Taro sebuah kotak permata dan memperingatkan agar Taro tidak pernah membuka kotak itu dalam keadaan apapun.


Begitu kembali ke desa, Urashima Taro terkejut semuanya telah berubah. Dia tidak mengenali siapa pun, bahkan struktur di desanya berbeda. Dia akhirnya sadar beberapa dekade telah berlalu sejak kepergiannya. Orang tuanya juga sudah lama meninggal.

 

 

Urashima Taro yang bingung melupakan peringatan Otohime dan membuka hadiah perpisahan. Awan asap putih kemudian muncul, benar-benar menelan nelayan muda itu. Setelah asap menghilang, Tar? berubah menjadi pria tua berambut putih.

 

 

 

Kisah tragis Urashima Taro adalah salah satu cerita rakyat Jepang tertua, yang beredar pada awal abad kelima. Meski cerita rakyat itu sendiri jarang dirujuk secara keseluruhan pada suvenir wisata, istana naga dan Otohime kadang-kadang digunakan sebagai motif desain pada kemasan suvenir.

3. Okiku

Kisah mengerikan Okiku dan sepuluh piring adalah salah satu cerita hantu Jepang paling terkenal, yang sarat dengan unsur sosial dan pembalasan karma.

 

 

 

Dalam versi rakyat paling populer, seorang gadis pelayan bernama Okiku bekerja untuk samurai tirani Aoyama Tessan. Frustrasi oleh penolakan Okiku yang berulang-ulang terhadap gairah seksualnya, Aoyama menjebak Okiku atas hilangnya piring satu dari sepuluh piring berharga.

 

 

Tanpa sadar terjebak masalah karena Aoyama, Okiku menolak sang samurai lagi. Karena marah, Aoyama menyuruh pelayan muda itu dilemparkan ke dalam sumur. Setelah pembunuhan itu, Aoyama segera menderita karena perilakunya.

Okiku dikisahkan berubah menjadi roh Jepang pendendam yang terus menerus menghitung piring setiap malam. Setiap kali dia mencapai piring kesepuluh yang hilang, dia juga akan menjerit ketakutan dan frustrasi.

 

 

Hari ini, ada sebuah sumur di Kastil Himeji Jepang yang dikatakan sebagai tempat Okiku dilemparkan.

 

 

Seperti banyak cerita cerita rakyat Jepang terkenal lainnya, ada beberapa versi cerita rakyat ini hari ini. Versi yang sangat berbeda terjadi di Kastil Himeji dan dalam versi itu, Okiku adalah korban sia-sia dari taktik politik. (Bagian tentang sepuluh hidangan tetap tidak berubah)

 

Kisah tragis Okiku konon menjadi inspirasi serial film horor Jepang yang terkenal, The Ring. Dengan kata lain, Okiku adalah "prototipe" untuk hantu pembunuh paling terkenal di J-Horror, Sadako.


4. Yuki Onna


Yuki-Onna berarti "wanita salju" dan mengacu pada hantu wanita pucat yang membekukan korbannya sampai mati dengan napas dingin. Di Jepang, cerita Yokai yang melibatkan makhluk mengerikan ini sudah lama ada.

 

 

 

Saat ini, kisah Yuki-Onna yang paling terkenal adalah versi yang ditulis ulang oleh penulis abad ke-19, Lafcadio Hearn.

 

 

 

Dalam versi Hearn, dua penebang kayu, satu tua dan satu muda, mengalami kemalangan bertemu Yuki-Onna saat terjebak di hutan oleh badai salju. Sementara penebang kayu yang lebih tua dibekukan sampai mati oleh iblis wanita itu, yang muda, Minokichi, selamat.

 

 

Sebelum pergi, Yuki-Onna juga memperingatkan Minokichi untuk tidak pernah memberitahu siapa pun tentang pertemuan itu. Jika dia melakukannya, dia pasti akan kembali untuk membunuhnya.

 

 

 

 Bertahun-tahun kemudian, Minokichi dikisahkan bahagia menikah Oyuki seorang istri cantik dan setia, serta ibu yang penyayang bagi anaknya. Namun dia juga secara misterius tidak menua, dan mempertahankan penampilan awet mudanya dari tahun ke tahun.


Suatu malam, ketika anak-anak mereka sedang tidur, Minokichi tanpa berpikir mengungkapkan pertemuannya dengan Yuki-Onna. Setelah dia menyelesaikan ceritanya, Oyuki berdiri dan memperlihatkan wujud aslinya, yaitu Yuki-Onna dari malam yang menentukan itu.

 

 

 

 

Oyuki mengingatkan Minokichi tentang ancaman sebelumnya. Dia mencoba membunuh suaminya tetapi akhirnya menyelamatkan nyawanya demi anak-anak mereka. Setelah itu Oyuki menghilang, tidak pernah terlihat lagi.

 

 

 

 

 Penulis Irlandia Lafcadio Hearn terkenal secara internasional karena kompilasi cerita rakyat tradisional Jepangnya. Dia menghabiskan hidupnya di Jepang dan menikah dengan seorang wanita Jepang. Saat ini, rumah dan museum peringatannya adalah salah satu atraksi utama Kota Matsue.


 

5. Kintaro

Ada cerita berbeda tentang asal usul Kintaro. Ada yang mengatakan "anak emas" ini adalah putra seorang samurai, tapi dibesarkan oleh ibunya di hutan setelah melarikan diri bersamanya untuk menghindari perselisihan keluarga.

 

 

Yang lain mengeklaim Kintaro ditinggalkan di hutan oleh ibunya dan kemudian dibesarkan oleh seorang penyihir gunung.

 

 

 

Terlepas dari asalnya, Kintaro tumbuh menjadi anak laki-laki yang sehat dan suka memerintah. Dia dikaruniai kekuatan supernatural dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan hewan.

 

 

 

Saat ini, penggambaran Kintaro yang paling umum adalah anak laki-laki gemuk yang hanya mengenakan selembar kain merah, dengan karakter kanji Jepang bertuliskan ‘emas’ di depannya. Dia kerap digambarkan membawa kapak dan juga mencengkeram ikan mas.


Kintaro dewasa dikisahkan semakin tenar dengan menjadi salah satu dari empat pengikut legendaris Minamoto no Yorimitsu, samurai terkenal dan komandan militer yang melayani Bupati Fujiwara selama Periode Heian.

 

 

 

Bersama dengan Yorimitsu dan para pengikut lainnya, Kintaro dewasa kemudian menaklukkan berbagai ancaman mistis. Namanya kemudian secara permanen dikaitkan dengan keberanian dan kekuatan dalam budaya Jepang.

 

 

Di Jepang, Kintaro dianggap sebagai personifikasi masa kanak-kanak yang sehat. Banyak keluarga Jepang memasang Boneka Kintaro pada peringatan Hari Anak.

 

 

 

Sebagai salah satu pahlawan yang paling dicintai dalam cerita cerita rakyat Jepang, Kintaro adalah subjek yang sangat populer dalam lukisan Ukiyo Periode Edo. Replika lukisan semacam itu juga banyak dijual sebagai suvenir wisata.


 

Sumber :kompas.com

0 comments: