5 Tempat Wisata Alam di Sekitar Sirkuit Mandalika NTB, Ada Bukit Merese

Rabu, November 24, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi lokasi balap motor skala internasional World Superbike (WSBK) 2021 pada 19-21 November 2021. Dilansir dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, sirkuit yang juga bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tempat Wisata Alam di Sekitar Sirkuit Mandalika NTB, Ada Bukit Merese", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2021/11/21/071300927/5-tempat-wisata-alam-di-sekitar-sirkuit-mandalika-ntb-ada-bukit-merese?page=all.
Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Ni Nyoman Wira Widyanti

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi lokasi balap motor skala internasional World Superbike (WSBK) 2021 pada 19-21 November 2021.

 

 

 

 

Dilansir dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, sirkuit yang juga bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat


Di sekitar kawasan tersebut, wisatawan bisa menemukan sejumlah tempat wisata alam mulai dari perbukitan hingga pantai. Berikut Kompas.com rangkum, Sabtu.

 

 

 

Pantai Tanjung Aan


Tak jauh dari Sirkuit Mandalika, wisatawan dapat menjumpai Pantai Tanjung Aan.

 

 

 Pantai ini terletak di Sengkol, Kuta, Pujut, Lombook Tengah, atau sekitar tujuh menit perjalanan menggunakan mobil dari Sirkuit Mandalika.


Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih. Selain itu, wisatawan juga bisa berburu kuliner, berenang, dan snorkeling di kawasan pantai tersebut.

 

 

 

Kompas.com melaporkan, Sabtu, wisatawan perlu membayar biaya parkir untuk menikmati panorama di sekitar kawasan ini.

 

 

 

 

Adapun biaya parkir untuk mobil mulai dari Rp 10.000, sedangkan untuk motor, wisatawan perlu membayar mulai dari Rp 5.000 per kendaraan.


Bukit Merese


Bukit Merese berada di Jalan Kuta Lombok, Kuta, Pujut, Lombok Tengah.

 

 

Bukit Merese merupakan lokasi yang strategis untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Bukit ini mengelilingi Pantai Tanjung Aan yang berpasir putih.

 

 

Panorama alam di Bukit Merese ini dapat dinikmati tanpa perlu membayar tiket masuk, atau gratis. Wisatawan hanya perlu jalan kaki dari Pantai Tanjung Aan.

 

 

 

 

Dari Sirkuit Mandalika, wisatawan bisa berkendara selama kurang lebih sembilan menit untuk mencapai Bukit Merese.


Pantai Kuta Mandalika


Pantai Kuta Mandalika terletak di Desa Kuta, Pujur, Lombok Tengah. Pantai ini bisa dicapai menggunakan mobil atau motor dengan waktu tempuh kurang lebih 16 menit dari Sirkuit Mandalika.

 

 

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa menikmati pemandangan hamparan pasir putih.

 

 

 Untuk menikmati pemandangan di kawasan tersebut, mereka perlu membayar biaya parkir mulai dari Rp 10.000 untuk mobil, dan mulai dari Rp 5.000 untuk motor.


Pantai Batu Berang


Satu lagi pantai yang berada tak jauh dari kawasan Sirkuit Mandalika, yaitu pantai Batu Berang.

 

 

Pantai tersebut berjarak 6,7 kilometer (km) atau sekitar 15 menit perjalanan menggunakan mobil dari Sirkuit Mandala.

 

 

 

Pantai Batu Berang beralamat di Serenang, Mertak, Pujut, Lombok Tengah. Wisatawan dapat menikmati pemandangan hutan bakau di bagian pantai yang dekat dengan muara sungai dan pasir putih.

 

 

 

Sama seperti Pantai Kuta Mandalika dan Pantai Tanjung Aan, wisatawan dapat menikmati pemandangan Pantai Batu Berang tanpa membayar tiket masuk.

 

 

Wisatawan perlu membayar biaya parkir mulai dari Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua, dan mulai dari Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.


Desa Mertak


Desa Mertak merupakan desa wisata yang terletak di Mandalika, NTB.

 

 

 

Menurut Antara, Desa Mertak merupakan salah satu desa wisata yang tercantum dalam Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika.


 

Desa wisata tersebut masuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dengan atraksi berupa wisata bahari dan ekowisata lainnya.

 

 

 

Wisatawan bisa menemukan pantai, pegunungan, dan hutan bakau di kawasan ini.


 

Sumber :kompas.com

0 comments: