7 Tips Berpergian Jarak Jauh Bersama Anak dengan Aman dan Nyaman

Selasa, November 09, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

7 Tips Berpergian Jarak Jauh Bersama Anak dengan Aman dan Nyaman. Foto/Ilustrasi/Ist

Melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil bersama keluarga, khususnya dengan anak-anak merupakan hal yang menyenangkan. Tidak hanya orang tua saja yang merasakan, tetapi juga sang anak dipastikan senang dan riang gembira.

Namun dalam menerapkannya terkadang sangat merepotkan dan malah tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Memang cara mengaplikasikannya berbeda karena ada sejumlah aspek yang harus diperhatikan jika Anda ingin berlibur bersama anak Anda yang masih kecil atau mendukuki balita.


Masih banyak orang tua yang bingung bagaimana cara berpergian jauh yang tenang dengan membawa anak kecil. Pada ulasan kali dirangkum dari beberapa sumber, ada beberapa yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan dalam menempuh jarak perjalanan jauh menggunakan mobil.

Berikut tips untuk berkendara jarak jauh dengan anak-anak agar berjalan dengan aman dan nyaman:

1. Beri tahu anak-anak Anda tentang perjalanan ke depan

Hal ini berlaku jika anak Anda menduduki umur 4-5 tahun dengan mellibatkan anak-anak Anda dalam perencanaan perjalanan. Keluarkan peta dan tunjukkan titik A dan titik B dan bagaimana Anda berencana untuk sampai ke sana. Hal ini dipercaya akan membantu mereka memahami berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana. Jangan lupa berikan mainan yang anak Anda suka selama perjalanan untuk mengatasi rasa bosannya.

2. Berangkat lebih awal dan berikan banyak waktu untuk perjalanan Anda

Jarak dan waktu yang ditunjukkan oleh Google Maps selamanya tidak selalu akurat. Aplikasi tersebut tidak akan membaca perkiraan sepenuhnya dengan detail seperti lalu lintas tak terduga, kerusakan mobil Anda, beristirahat, jadwal makan siang dan lain-lain.

Bersikaplah realistis saat merencanakan rute Anda dengan berangkat lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu juga berikan banyak waktu untuk perjalanan Anda. Jangan tergesah-gesah untuk tiba di tujuan dengan cara mengemudi dengan kecepatan tinggi dan sembarangan. Pertimbangkan untuk menghentikan perjalanan dengan istirahat untuk mengisi tenaga dengan menginap semalam di hotel maupun SPBU.

3. Bepergian di malam hari jika memungkinkan

Momen tenang orang tua begitu melihat anak-anaknya tidur dengan nyenyak. Maka dari itu tidak ada salahnya bila berangkat pada sore atau malam hari. Sulaplah mobil Anda menjadi tempat tidur berjalan untuk anak Anda, atur suasana hati di dalam mobil dengan bantal, musik yang menenangkan, dan apa pun untuk membantu mereka tertidur.

4. Rencanakan perhentian istirahat

Jangan memaksakan diri untuk terus menyetir sampai tujuan akhir tiba. Jika badan Anda merasa pegal-pegal dan mata sudah mulai capek hingga konsentrasi pun berkurang, maka Anda diharuskan untuk beristirahat sejenak dalam mengumpulkan kembali tenaga dan gairah menyetir Anda. Gunakan fasilitas umum yang kerap ditawarkan pada rest area seperti Isi ulang bahan bakar, Kamar mandi dengan area ganti bayi, mandi, Mesin kopi, Restoran, Tempat bermain, kursi pijit dan lain-lain.

5. Persiapkan cemilan saat perjalanan

Makanan adalah teman Anda saat bepergian dengan anak-anak. Maka dari itu bila anak Anda belum berisitrahat untuk tidur maka sediakan berbagai makanan ringan yang sehat serta mudah dikonsumsi untuk anak, seperti irisan dan buah kering, sandwich, dan makanan ringan sehat lainnya.

6. Bawa pemutar DVD/tablet portabel

Jika ingin berpergian jauh bersama anak hindari memutar DVD playlist kesukaan Anda yang tidak dimengerti oleh anak. Pastikan sebelumnya untuk mengunduh film, lagu, kartun dll sebelum perjalanan sehingga dapat ditonton tanpa koneksi internet karena sinyal dapat dengan mudah turun.Gunakan alat bantu seperti handphone holder untuk dapat menahan tablet/player di belakang sandaran kepala kursi depan, sehingga anak-anak tidak bosan memegangnya.

7. Buat daftar playlist lagu untuk di perjalanan

Hindari untuk menyimpan playlist lagu kesukaan Anda yang tidak dipahami oleh anak Anda. Untuk membuat perjalanan nyaman maka persiapkan dan buat daftar lagu dan nyanyian kesukaaan anak Anda. Bisa juga untuk memutar soundtrack dari film favorit mereka dan bernyanyi bersama.


Sumber : sindonews.com

0 comments: