Cara Bleaching Rambut yang Benar dan Minim Risiko

Sabtu, November 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi. Cara bleaching rambut yang benar membantu Anda terhindar dari dampak buruk yang ditimbulkan. (Istockphoto/LightFieldStudios)


Sebelum memutuskan untuk melakukan bleaching rambut sendiri, Anda harus ingat bahwa proses ini tidak mudah. Jadi sebaiknya, alih-alih googling atau mencari cara melakukan bleaching rambut secara mandiri maka Anda disarankan pergi ke ahli profesional.
Seorang ahli akan mengetahui produk dan rejimen apa yang tepat untuk tekstur rambut Anda secara spesifik. Sebab cara bleaching rambut yang tidak benar hanya akan mengacaukan dan membuat rambut Anda rontok.

Namun begitu, jika pandemi Covid-19 kali ini masih membatasi gerak Anda untuk mengunjungi pusat perawatan rambut, laman GQ Magazine menawarkan sejumlah tips dari ahli berupa cara bleaching rambut yang benar dengan risiko seminimal mungkin dan hasil terbaik.

Walaupun para ahli yang diwawancara tidak pernah menganjurkan pekerjaan pewarnaan rambut dilakukan di rumah, tapi mengingat pelbagai kondisi, para pakar memberikan sejumlah nasihat.


Kesalahan yang perlu dihindari saat bleaching rambut
Ilustrasi. Ada beberapa cara bleaching rambut yang benar yang perlu Anda ketahui. (Istockphoto/robertprzybysz)
Sebelum masuk ke cara bleaching rambut yang benar, Anda perlu mengetahui sejumlah kesalahan yang harus dihindari.

Ahli pewarnaan rambut (colorist) di New York City, Nico-Ralph Scibelli mengidentifikasi sedikitnya tiga hambatan utama yang akan Anda hadapi ketika melakukan bleaching di rumah.

Produk yang salah
Masing-masing jenis rambut memiliki kekuatan yang berbeda sehingga variasi produk yang digunakan pun akan berbeda. Apa yang terbaik untuk teman Anda, belum tentu cocok untuk rambut Anda.

Aplikasi tidak merata
Penerapan yang tidak merata bakal berpotensi mendatangkan risiko. Anda harus bekerja ekstra untuk memastikan bahwa produk yang diaplikasikan untuk bleaching rambut merata dan seragam.

Waktu yang tidak tepat
Bleaching rambut hampir sama seperti membuat mi instan. Jika Anda terlalu lama atau bahkan kelewat singkat, maka hasilnya pun takkan menyenangkan.

Anda juga harus bekerja ekstra cepat untuk mendapatkan hasil yang seragam. Sebab jika tidak, Anda akan memperoleh tampilan yang tidak rata.

Cara bleaching rambut yang benar
Ilustrasi. Cara bleaching rambut yang benar menjauhkan Anda dari risiko buruk. (Diolah dari Thinkstock/yuriyzhuravov)
Meskipun yang terbaik adalah berkonsultasi dengan seorang ahli, ada sejumlah panduan cara bleaching rambut yang benar dirangkum dari ELLE dan GQ Magazine. Keduanya berkonsultasi dengan sejumlah ahli pewarnaan rambut atau colorist.

Untuk hasil yang lebih baik, Anda disarankan untuk tidak mencuci rambut setidaknya dua hingga tiga hari sebelum bleaching. Atur ruang bleaching di area yang berventilasi, memiliki pencahayaan baik, terdapat cermin dan, meja untuk meletakkan perkakas.

Beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan di antaranya kuas warna, tutup plastik atau foil, handuk, sisir, jepit rambut, shampoo dan kondisioner. Berikut tahapan bleaching rambut.

Ilustrasi. Mengikuti cara bleaching rambut yang benar menghindari rambut dari kerusakan. (Istockphoto/robertprzybysz)

1. Cek kondisi rambut Anda
Seorang colorist dan anggota R+ Co Collective, Richy Kandasamy merekomendasikan agar Anda memeriksa terlebih dulu kondisi rambut melalui serangkaian tes elastisitas. Anda bisa menyemprotkan sedikit air pada sehelai rambut dan biarkan menyerap.

“Regangkan rambut basah Anda dengan sangat lembut. Jika rambut basah meregang lebih dari biasanya, atau teksturnya berubah menjadi kenyal, maka kondisi ini tidak aman untuk dilakukan pewarnaan,” terang Kandasamy dikutip dari ELLE.

“Tapi jika rambut kembali ke kondisi seperti normal, tandanya masih aman untuk melanjutkan bleaching,” lanjut dia.

2. Kenakan pelapis dan sarung tangan
Anda bisa memanfaatkan pakaian lama yang sudah tidak terpakai atau gaun (gown) untuk menutup dan melindungi pakaian. Atau, Anda juga bisa cukup mengenakan celana.

3. Membagi rambut
Ilustrasi. Membagi rambut menjadi beberapa bagian bisa jadi salah satu cara bleaching rambut yang benar. (Istockphoto/Sofia Zhuravets)
Bagilah rambut Anda sehingga bagian mahkota aman. Dengan begitu, Anda bisa leluasa menata bagian belakang rambut terlebih dulu.

Ahli pewarnaan rambut atau colorist, Kandasamy merekomendasikan untuk membagi rambut menjadi empat bagian. Sebagai perlindungan tambahan, gosokkan minyak kelapa dari akar ke ujung dalam rambut yang dibelah untuk menghidrasinya.

“Menggunakan minyak kelapa sebelum mencerahkan rambut bisa sangat bermanfaat untuk kondisi rambut,” ujar Kandasamy.

Anda bisa membiarkan minyak kelapa menyerap atau meresap ke dalam rambut Anda setidaknya selama satu jam, bahkan jika memungkinkan bisa lebih lama dari itu. Kemudian Anda bisa melakukan bleaching rambut.

4. Mencampur produk
Setelah semua bahan dan persiapan selesai, bersiaplah untuk membuat cairan bleaching.

Baca petunjuk pada bahan pemutih dan pengembang Anda. Tidak semua merk memiliki petunjuk yang sama, tetapi sebagian besar campuran pemutih menggunakan rasio 2:1. Artinya dua bagian pengembang untuk satu bagian pemutih.

Hindari membuat terlalu banyak, karena itu ukur-lah dengan tepat. Sesuaikan dengan seberapa banyak rambut yang akan di-bleaching.

Tambahkan bahan-bahan tadi ke mangkuk, campur dan gabungkan menggunakan kuas lukis hingga halus. Pastikan tidak ada gumpalan.

5. Aplikasikan
Ilustrasi. Memulai dari bagian bawah menjadi salah satu cara bleaching rambut yang benar. (Istockphoto/Martin Barraud)
Mulai-lah dengan bagian bawah rambut. Setelah selesai, ulangi bagian lain yang sebelumnya sudah Anda bagi-bagi, hingga ke bagian atas.

Segera setelah bleaching merata ke seluruh rambut Anda, tutup rambut dengan topi mandi atau kantong plastik.

Pastikan untuk membuat beberapa lubang pada plastik demi mencegah penumpukan panas. Tapi jika Anda merasa kulit kepala menjadi sangat panas maka buka penutup rambut Anda dan biarkan dingin.

6. Cuci rambut dan keringkan
Setelah 45 menit, bilas rambut Anda secara menyeluruh. Cuci rambut Anda dengan sampo untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan kemudian gunakan kondisioner.

Biarkan rambut Anda mengering.

Pada proses ini, Anda disarankan secara berkala mengamati rambut dan kulit kepala. Jika merasa ada gatal, kemerahan atau terbakar ketika menerapkan tahapan cara bleaching rambut maka cucilah dengan air dingin dan biarkan kulit kepala beristirahat beberapa hari. Bila ditemukan reaksi lain seperti alergi, bengkak atau sesak napas, segera hubungi dokter.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: