Ini 8 Kebiasaan yang Bisa Bikin Hubungan Berakhir, Pernah Mengalami?

Kamis, November 25, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ini 8 Kebiasaan yang Bisa Bikin Hubungan Berakhir, Pernah Mengalami?


Saat menjalin hubungan dengan seseorang yang kita sukai, kita pasti akan berharap bahwa momen tersebut dapat terjalin untuk waktu yang lama

Namun kerap kali ekspektasi kita tidak dapat tercapai dan hubungan tersebut justru berakhir di tengah jalan  karena hal kecil yang sebenarnya masih dapat kamu perbaiki.

Dilansir dari brightside.com, terdapat 8 kebiasaan yang mungkin menyebabkan hubunganmu berakhir yaitu:

1. Membawa hal-hal di masa lalu pada saat bertengkar

Bertengkar merupakan hal yang wajar terjadi dalam sebuah hubungan, bahkan hal tersebut juga terjadi kepada pasangan bahagia karena sangat tidak mungkin kita dapat melihat dari mata ke mata tentang segala hal setiap hari.

Jika hal tersebut terjadi, yakinkan dalam pikiranmu bahwa kamu ingin menyelesaikan masalah tersebut, bukannya berusaha menang dan melampiaskan segalanya kepada pasanganmu. Inilah alasannya mengapa mengingat sesuatu hal dari pasangan dari beberapa tahun lalu tidaklah berguna dan membuat hal tersebut tidak membantu sama sekali.

2. Memilih waktu yang salah pada saat bicara serius

Ilustrasi pasangan bertengkar (pexels/Vera Arsic).

Disaat kamu ingin berbicara topik yang serius, seperti masalah uang, tujuan dari hubungan di masa depan dan lain-lain, kamu perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk membahasnya. Pastikan pada saat itu, pasanganmu tidak stress, capek atau kesal, untuk menghindari segalanya menjadi rumit. Kamu juga perlu memperhatikan nadamu dalam berbicara seperti jangan memancing perkelahian saat berdiskusi.

3. Membuat asumsi tentang perasaan pasangan

Meskipun kamu mengetahui pasanganmu luar dan dalam, namun hal ini tidak berlaku. Setiap orang memiliki perspektif sendiri pada saat melihat hal-hal dalam hidup ini. Jika kamu selalu merasa bahwa kamu mengetahui segala pikiran dan perbuatan orang yang penting bagimu, kamu akan cenderung menutup diri, membuat konflik dan merasa sendiri.

4. Mengkritisi anggota keluarga pasanganmu

Topik mengenai keluar dapat terjadi di segala hubungan. Kamu mungkin memiliki perbedaan pendapat atau pandangan dengan keluarga laki-lakimu, yang dapat menyebabkan kesalahpahaman atau konflik dengan keluarga. Kamu perlu ingat bahwa mereka merupakan keluarga pasangan. Disaat kamu berdiskusi tentang suatu hal yang mengganggu, ingatlah bahwa menyalahkan dan mengkritiknya bukanlah hal yang seharusnya kamu katakan.

5. Menghindari diskusi tentang uang

Menurut penelitian dari 10 pasangan terdapat 7 pasangan yang memiliki masalah keuangan di dalamnya, sehingga kamu perlu berdiskusi masalah uang kepada pasanganmu. Mungkin tidak semua orang nyaman diskusi mengenai hal ini, tapi kamu perlu melakukannya untuk menghindari masalah di kemudian hari. Para ahli menyarankan untuk membuat aturan khusus mengenai batas pengeluaran yang nyaman untuk kamu dan pasanganmu dan mendiskusikan segala hal yang dapat menjadi peluang dari pertengkaran.

6.  Pergi tanpa memberitahu pasanganmu

hal ini mungkin terlihat tidak berbahaya bagi beberapa orang, tapi hal tersebut dapat menimbulkan masalah dikemudian hari. Meskipun kamu telah berhubungan dengan pasanganmu dalam waktu yang lama, namun hal-hal sederhana seperti kamu pergi beraktivitas tanpa mengabari pasanganmu dapat membuat hubunganmu berakhir. Sebaiknya kamu jangan lupa untuk memberikan kabar atau kata-kata hangat kepadanya sebelum pergi.

7.Mencoba memendam amarahmu

Menahan segala emosi yang kamu miliki dibandingkan mengeluarkannya dapat sangat berbahaya, baik untuk hubungan ataupun kesehatan mentalmu. Jika kamu terlalu sering memendam amarahmu kamu mungkin akan mulai merasa cemas, menyakiti pasanganmu hingga sakit kepala. Hal ini akan membuat sangat sulit untuk bereaksi secara normal terhadap berbagai hal, yang kemudian dapat membuat hubunganmu menjadi tidak sehat.

8.Mengkritisi atau menggosipkan tentang teman pasanganmu

Selain point sebelumnya, mungkin hal ini juga bukan sesuatu yang berbahaya bagi beberapa orang. Kritik bukanlah sesuatu hal yang buruk, kamu bisa melakukannya asalkan kamu melakukannya dengan cara yang benar. Pasanganmu mungkin akan menganggap bahwa kamu bukanlah seseorang yang dapat dipercaya jika kamu sering bergosip di hadapannya. Selain itu, hal tersebut dapat membuatmu menjadi kecapean, cemas dan sebagainya.

Itulah 8 alasan yang mungkin bisa menjadi penyebab hubunganmu berakhir. Apakah kamu pernah melakukan hal tersebut?



Sumber : suara

0 comments: