Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo dan Bone Bolango, Kenalkan Kuliner Khas Kedua Daerah Tersebut

Jumat, November 12, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo dan Bone Bolango akan hadirkan kuliner khas kedua daerah. Foto/Novie Fauziah

Dua kabupaten anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTK) Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango, saat ini tengah menggali kuliner daerah dan menemukan potensi pengembangan produk turunan pangan ramah lingkungan dan ramah sosial, yakni melalui program Sustainable Culinary Journey Gorontalo.

Hasil dari perjalanan kuliner tersebut akan melahirkan ragam kuliner kedua kabupaten tersebut yang bertemakan "Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo dan Bone Bolango".


Bupati Gorontalo sekaligus Sekretaris Jenderal LTKL, Nelson Pomalingo mengatakan, Gorontalo dan Bone Bolango memiliki ragam kuliner dan pangan khas, di mana berpotensi melahirkan ragam menu dan produk turunan baru yang lestari.

"Ini akan memotivasi para UMKM pangan di kabupaten kami untuk juga berinovasi dengan ramah lingkungan dan ramah sosial," katanya di Restoran Kaum Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat Selasa, (9/11/21).

Ia berharap dengan adanya even kuliner dan budaya ini, yaitu Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo dan Bone Bolango dapat memperkenalkan kuliner khas kedua daerah tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Semoga lewat acara ini kuliner Gorontalo dan Bone Bolango dapat dikenal lebih luas, tidak hanya di sekitar Sulawesi, tapi hingga nasional," terangnya.

Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango yang terletak di Provinsi Gorontalo memiliki akar kuliner dan cita rasa yang sama.

Letaknya di wilayah pesisir menjadikan kedua daerah tersebut menggunakan boga bahari sebagai bahan utama masakan kedua kabupaten ini. Pangan dan kelestarian alam sangat berkaitan erat.

Hutan, misalnya, memainkan peranan penting bagi ketahanan pangan dengan memberikan persediaan air serta alternatif bahan pangan dan berbagai rempah bagi masyarakat di sekitarnya. Khas bumbu rempah dalam masakan Gorontalo dan Bone Bolango ini menciptakan cita rasa yang mewakili kedua daerah.

Kemudian masakan Gorontalo dan Bone Bolango ini sangat erat dengan kelapa. Tak heran karena kedua daerah ini memilik potensi kelapa yang cukup besar, dan menjadi bahan utama untuk memasak dan membuat minuman.

Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo & Bone Bolango adalah rangkaian menuju Festival Kabupaten Lestari 4 (FKL4) yang akan diselenggarakan di dua kabupaten tersebut. Festival yang mengusung tema Merangkai Kembali Identitas Lestari ini diselenggarakan pada 23-28 November 2021 secara daring dan luring.


Sumber : sindonews.com

0 comments: