Kisah Bocah Gimbal Dieng, Titipan Abdi Nyi Roro Kidul hingga Ritual Larung di Pantai Selatan

Selasa, November 16, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Bocah gimbal dieng/ tangkapan layar media sosial


Anak-anak kecil di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, memiliki tradisi unik yakni membuat rambut mereka menjadi gimbal.

Mengutip kanal YouTube Hikayat Leluhur, Senin (15/11/2021) rambut gimbal umumnya dianggap sebagai tidak rapih. Namun, di lokasi tersebut, justru dimanja oleh orang tuanya.

 Ini dikarenakan rambut gimbal, menurut menurut warga sana, adalah titipan Nyai Dewi Roro Rence, seorang Abdi Dalem Kerajaan Pantai Selatan yang dikuasai oleh Nyi Roro Kidul. 

Tentu saja anak diizinkan jika ingin memotong rambut mereka. Namun, terdapat sejumlah ritual yang harus mereka lalui terlebih dulu sebelum memangkas rambut gimbal ini.


Yang pertama adalah sang orangtua harus terlebih dulu memenuhi permintaan sang anak. Jika sudah terpenuhi, barulah mereka bisa memangkas rambut anak-anaknya. 

Rambut anak yang gimbal tersebut nantinya akan dilarung ke pantai selatan untuk dikembalikan kepada sang pemilik rambut, yaitu Nyai Dewi Roro Rence. 

Selain itu, warga juga kerap menghanyutkan hasil-hasil bumi bersamaan dengan rambut gimbal sang anak. Jika ritual ini dilakukan dengan benar, niscaya rambut anak akan tumbuh dengan baik dan indah. 

Namun, jika ada kesalahan dalam menjalankan ritual, maka ada kemungkinan rambut sang anak tumbuh dengan gimbal lagi. Kesalahan-kesalahan yang dimaksud bisa berupa salah mengabulkan permintaan anak, atau menghanyutkan di lokasi yang salah.

Acara ritual pemotongan rambut gimbal bocah Dieng ini pernah ditinjau langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tepatnya pada 2019 lalu. 

Dalam kunjungannya di acara ritual tersebut, Ganjar menanyakan permintaan anak-anak yang akan dipotong rambutnya di Alun-Alun Wonosobo. Banyak dari mereka yang meminta berbagai macam barang seperti laptop dan sepeda.



Sumber : okezone.com

0 comments: