Libur Akhir Tahun Terapkan PPKM Level 3, Traveloka Ungkap Strategi Dongkrak Transaksi

Selasa, November 23, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Resor

Selama libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2021-2022, pemerintah menetapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Level 3 di semua wilayah di Indonesia. Traveloka pun menyiapkan beberapa langkah untuk mendongkrak transaksi, meski aktivitas di luar rumah diperketat saat libur nataru.

PPKM Level 3 rencananya akan berlaku selama sepekan, yaitu pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko penularan virus corona Covid-19.

"Kami akan selalu mendukung penuh kebijakan pemerintah termasuk saat libur akhir tahun nanti," ucap VP of Brand and Marketing Traveloka Shirley Lesmana dalam jumpa pers virtual, Senin, 22 November 2021. Shirley mengatakan, kebijakan dari pemerintah itu bertujuan membuat masyarakat tidak lengah saat liburan.

Ia memastikan, pihaknya juga selalu mengimbau agar masyarakat tetap selalu menjalankan protokol kesehatan atau prokes saat berlibur. Untuk mendongkrak transaksi di tengah pengetatan aktivitas tersebut, Traveloka meluncurkan layanan baru Holiday Stays.

Layanan ini berfokus menyediakan akomodasi privat seperti resor dan vila. SVP of Traveloka Accommodation and Experience Nelly Nurmalasari mengatakan, perusahaan mengembangkan layanan tersebut karena membaca perubahan tren masyarakat dalam berwisata selama pandemi.

Tren itu seperti staycation, workstation, dan akomodasi privat. "Masyarakat cenderung mencari tempat untuk liburan yang memberikan privasi, misalnya di vila, resort hingga glamping," terang Nelly. 

 


Akomodasi Privat

Data internal Traveloka mencatat, permintaan akomodasi privat, seperti resor hingga vila meningkat dua kali lipat pada Oktober dibandingkan Januari hingga Agustus 2021. Lonjakan ini terjadi di tiga kota, yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

Situasi itu membuat mereka menyediakan layanan khusus akomodasi privat, Holiday Stays. Cara mengaksesnya yaitu, buka aplikasi Traveloka, lalu pilih ikon 'Holiday Stays'. Setelah itu, akan muncul berbagai fitur.

Salah satu fitur yang tersedia yakni 'discovery mode' untuk mencari akomodasi privat tanpa perlu menuliskan tanggal menginap terlebih dahulu. Ada juga chat mitra akomodasi untuk menanyakan fasilitas atau akses akomodasi sebelum memesan. Saat ini, ada 450 ribu mitra akomodasi privat di Traveloka. 


Setifikasii CHSE

"Kami menawarkan fitur yang lebih inovatif, seperti kontak langsung dengan pengelola properti," jelas Shirley.  "Jadi, konsumen bisa chat langsung bertanya tentang fasilitasi yang ada di akomodasi tersebut, misalnya seperti ada hair dryer tidak, bahkan sebelum mereka memesannya," sambungnya.

Bukan itu saja, ada pula fitur lainnya yang ditawarkan oleh Traveloka Holiday Stays, seperti review hotel tamu asli, best price guarantee, dan stay guarantee. Selain itu, Traveloka juga memberikan diskon spesial hingga Rp500 ribu untuk Anda yang ingin memesan akomodasi ini, dengan menggunakan kode 'HOLIDAYSTAYS500'.

Anda juga dapat menemukan pilihan akomodasi privat Traveloka Holiday Stays yang sudah terdaftar menjadi mitra CleanAccommodation. Dengan begitu, Anda dapat memilih properti yang telah memiliki sertifikasi CHSE guna memastikan penerapan safe travel dengan protokol kesehatan yang ketat.



Sumber : liputan6

0 comments: