Liburan ke Solo? Ini 7 Destinasi Wisata Seru yang Enggak Boleh Dilewatkan!

Jumat, November 12, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Apa saja kriteria yang kamu gunakan saat memilih kota yang akan menjadi destinasi wisata?

 

 

Kamu pasti setuju kalau kota yang memiliki banyak tempat wisata estetik, destinasi wisata alam, dan kekayaan kuliner yang melimpah patut jadi prioritas liburan. Itulah sebabnya kamu nggak boleh melewatkan Kota Solo sebagai salah satu destinasi wisata impian, ya.
Faktanya, Solo nggak kalah menarik dibandingkan Jogja atau kota-kota lainnya di Pulau Jawa, lho. Jalan-jalan ke Solo sekarang makin praktis karena kamu bisa pesan tiket bus Joglosemar melalui Traveloka.

Joglosemar adalah Executive Shuttle Bus yang menghubungkan berbagai kota di Jawa Tengah dan sekitarnya, seperti Solo, Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Salatiga, dan Pulir.

Kamu hanya perlu menyertakan informasi tentang tempat asal dan destinasi tujuan, jumlah kursi yang kamu butuhkan, dan tanggal keberangkatan untuk memesan tiket bus Joglosemar melalui Traveloka. Proses pemesanan tiket yang cepat dan praktis membuatmu tak kesulitan mewujudkan rencana traveling.
Kalau sudah mantap memilih bus Joglosemar untuk menempuh perjalanan liburan ke Solo, berarti kamu juga siap mengunjungi beberapa destinasi wisata populer berikut ini:

 

1. Keraton Surakarta
Liburan ke Solo tentu belum lengkap tanpa mengunjungi Keraton Surakarta. Kompleks Keraton Surakarta terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton, dan Kamagangan. Kamu bisa menyaksikan berbagai koleksi peninggalan kasunanan, pusaka keraton, dan benda-benda lainnya yang memiliki nilai sejarah bagi Keraton Surakarta.

2. Pasar Antik Triwindu
Kalau kamu suka berburu barang-barang antik, berarti kamu nggak boleh lupa mengunjungi Pasar Antik Triwindu di Solo. Pasar yang dibangun sejak tahun 1939 ini menjajakan aneka barang antik, mulai dari uang kuno, wayang, senjata kuno, radio lawas, hingga aneka patung. Nggak cuma jadi surga bagi pecinta barang antik, kamu juga bisa mengabadikan foto dan video di Pasar Antik Triwindu karena suasananya instagramable banget.

3. Grojogan Sewu Tawangmangu
Mau mengunjungi destinasi wisata alam di Solo?
Jangan lupa singgah ke Grojogan Sewu Tawangmangu yang terletak di sisi barat Gunung Lawu. Tempat wisata ini memiliki air terjun setinggi 80 meter yang dikelilingi panorama alam menakjubkan. Jaraknya memang agak jauh dari pusat kota Solo, sih, yaitu sekitar 37 km. Namun, waktu dan tenaga yang kamu korbankan untuk mengunjungi Grojogan Sewu Tawangmangu tentu sebanding dengan keindahan alam yang bisa kamu nikmati ketika sampai di sana.

4. Kampung Batik Kauman
Hampir sama seperti kota-kota lainnya di Jawa Tengah, Solo juga memiliki karya seni kebanggan berupa batik khas. Bahkan, kamu juga bisa mengunjungi Kampung Batik Kauman kalau tertarik menyaksikan proses pembuatan batik secara langsung. Para pengrajin di Kampung Batik Kauman memproduksi aneka jenis batik, seperti batik tulis, batik cap, maupun batik kombinasi. Jangan lupa siapkan bujet supaya bisa membeli aneka batik Solo istimewa ketika berwisata ke Kampung Batik Kauman, ya.

5. Galabo Solo
Aktivitas liburan ke Solo juga membuatmu tak boleh melewatkan kesempatan berwisata kuliner. So, luangkan waktumu untuk mengunjungi kawasan Galabo Solo di Jalan Mayor Sunaryo. Ada kurang lebih pedagang makanan kaki lima yang menjual makanan khas Solo di Galabo, antara lain tengkleng, gudeg ceker, nasi liwet, wedang ronde, dan nasi tumpang. Kamu jadi nggak perlu repot-repot menjelajahi daerah lain di Solo kalau ingin merasakan sensasi kulinernya yang super lezat.

 

6. Museum Purba Sangiran
Nggak semua daerah di Indonesia memiliki destinasi wisata berupa museum purba. Nah, makanya kamu juga nggak boleh melewatkan kesempatan mengunjungi Museum Purba Sangiran yang berada di Desa Kalijambe, Sragen. Museum seluas 56 km persegi ini bukan sekadar memuat benda-benda dari masa prasejarah, melainkan juga menjadi pusat penelitian arkeolog dari dalam dan luar negeri. Ada berbagai koleksi fosil lengkap dengan penjelasannya sehingga wawasanmu akan bertambah usai mengunjungi Museum Purba Sangiran.

7. Pantai Nampu
Kota Solo juga punya destinasi wisata menarik berupa pantai, yaitu Pantai Nampu. Dahulu, pantai ini belum dikelola secara serius. Namun, saat ini Pantai Nampu sudah dikelola dengan baik dan jumlah pengunjungnya semakin bertambah. Panorama Pantai Nampu sangat indah karena air lautnya bersih dan dihiasi bebatuan karang berukuran besar. Gugusan batu karang yang memukau dan hamparan pasir putih Pantai Nampu siap jadi objek foto yang menarik bagimu.

Selain ketujuh destinasi wisata tersebut, tentu masih banyak tempat menarik lainnya yang nggak boleh luput dari perhatianmu saat berlibur ke Solo. Jadi, sebaiknya kamu lekas merealisasikan liburan dalam waktu dekat dengan memesan tiket bus dan shuttle via Traveloka Lifestyle Superapp. Bila ingin hemat lebih banyak, jangan lewatkan pula live streaming NgeBasreng di Traveloka App ya. Selamat menikmati keseruan Kota Solo!

 

 

 

Sumber :suarabogor.id

0 comments: