Malaysia Tekankan Diplomasi Budaya dengan RI

Rabu, November 10, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Menlu Malaysia Saifuddin Abdullah dan Menlu RI Retno Marsudi. (Dok. Kementerian Luar Negeri RI)

Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah bertemu dengan beberapa penggiat kebudayaan Indonesia pada Senin (8/11). Dalam pertemuan itu, Abdullah mengenalkan inisiatif baru dari Malaysia, yakni diplomasi kebudayaan.

"Diplomasi budaya ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya masing-masing, selain itu juga untuk berbagi pengalaman, berbagi pendekatan peradaban, berbagi kesamaan pendekatan, karena selalu dalam politik luar negeri, kita berbicara tentang kepentingan politik, kepentingan ekonomi, tetapi kita jarang berbicara tentang kesamaan minat," ucap Abdullah.

"Kesamaan minat adalah tentang kebersamaan. Bagaimana kita membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, dengan cara yang paling berkelanjutan," tambahnya.


Beberapa penggiat budaya asal Indonesia yang sempat ditemuinya antara lain, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik RI Teuku Faizasyah, Direktur Jenderal Kebudayaan RI Hilmar Farid, Ketua Badan Pengurus Lembaga Manajemen Kolektif Wahana Musik Indonesia (WAMI) Cipto Jundarto, dan Wakil Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia (BPI) Dewi Kumaya.

Selain itu, Abdullah turut menyerahkan 15 karya seni ke Sekretariat ASEAN dan bilik Malaysia di ASEAN. Karya seni ini diberikannya pada Wakil Tetap Malaysia untuk ASEAN, Kamsiah Kamaruddin.


Penyerahan 15 Karya Seni Malaysia untuk Sekretariat ASEAN oleh Menlu Malaysia Saifuddin Abdullah (tengah, kemeja kuning). (CNN Indonesia/Putu Wiena)
"Setiap negara ASEAN memiliki ruangan masing-masing di sekretariat dan terserah masing-masing negara untuk menghias dan mengisinya dengan bahan yang sesuai."

"Sedangkan galeri ASEAN adalah galeri publik dan setiap negara dapat menyumbangkan materi apapun seperti lukisan, atau tindakan dan sebagainya, untuk memfungsikan keindahan budaya masing-masing," ujar Abdullah lagi.

Beberapa karya seni yang diserahkan antara lain, gambar Teh Tarik, Tengkolok di Raja, Kain Tenun Pahang, gambar pemandangan Kuala Lumpur City Centre (KLCC), dan Tepak Sirih.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: