Perito Moreno, Gletser Purba yang Disebut Bernyawa

Kamis, November 04, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Gletser Perito Moreno disebut bernyawa karena ukurannya yang terus membesar, sekitar 2 meter per hari. (AFP PHOTO / Walter Diaz)

Kalau berkesempatan mengunjungi Argentina, jangan lupa menyambangi Gletser Perito Moreno.
Tebing es ini menjulang di atas Danau Lago Argentino yang berada di Taman Nasional Los Glaciares Patagonia yang telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.

Tidak seperti kebanyakan gletser lain di Bumi, Perito Moreno disebut sebagai "gletser yang hidup", karena tercatat terus bertambah ukurannya sekitar dua meter setiap hari.


Para ilmuwan memperkirakan bahwa gletser Perito Moreno kemungkinan terbentuk sejak Zaman Es dan kini telah berusia sekitar 18 ribu tahun.

Gletser Perito Moreno dinamai untuk menghormati penjelajah Argentina Francisco Moreno, yang memainkan peran penting dalam sengketa perbatasan antara Argentina dan Chile pada abad ke-19.

Selain itu, istilah 'perito' mengacu pada nama panggilannya, yang merupakan bahasa sehari-hari Spanyol untuk 'spesialis'.

Gletser Perito Moreno memiliki panjang 30 kilometer, luasnya 5 kilometer, dan ketebalannya 170 meter. Secara keseluruhan, gletser ini memiliki luas 250 kilometer persegi.

Dari kejauhan, Gletser Perito Moreno nampak seperti lapangan es yang tak berujung.
Selain indah, tebing es ini yang merupakan cadangan air tawar terbesar ketiga di dunia.

Ada anjungan pengamatan pada jarak yang aman di dekat gletser. Anjungan ini berada di sejumlah titik, sehingga wisatawan bisa memandangi gletser dari setiap sudut yang berbeda.

Jika menunggu beberapa saat, kemungkinan besar wisatawan akan menyaksikan bongkahan besar massa es pecah dan menabrak air, menciptakan raungan besar yang bergema.

Bagi yang ingin mengamati gletser dari jarak dekat, ada tur wisata berpemandu yang bisa mengantar wistawan trekking singkat ke salah satu sisi gletser.

Kalau tidak ingin trekking, wisatawan bisa juga naik tur perahu.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: