Prospek Kerja Administrasi Bisnis, Banyak Dibutuhkan Demi Kemajuan Industri

Rabu, November 17, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

 Jurusan Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga mempelajari seluk-beluk terkait kegiatan operasional bisnis sekaligus manajemen perusahaan.

 

 

Prospek kerja Administrasi Bisnis berkembang lebih luas karena menjangkau kegiatan pemasaran, pengelolaan keuangan, pengelolaan sumber daya manusia (SDM) sampai kegiatan produksi. Bahkan, mahasiswa Administrasi Bisnis akan belajar bagaimana membangun bisnis mereka sendiri. Berikut ini prospek kerja Administrasi Bisnis yang bisa menjadi pilihan kariermu jika berkuliah di jurusan ini.

 

 

1. Sekretaris

 

Dalam sebuah organisasi pengelola bisnis, jabatan sekretaris termasuk krusial dan sangat dibutuhkan. Sekretaris akan bekerja di bagian administratif seperti membuat agenda perusahaan, menyusun jadwal rapat, arsiparis dokumen, dan menjadi penghubung pihak eksternal dan internal perusahaan. Berbeda dengan personal asisten yang hanya bertanggung jawab pada orang tertentu, jabatan sekretaris bertanggung jawab pada perusahaan secara keseluruhan karena jabatan inilah yang menjadi penghubung dengan jabatan lainnya.

 

2. Staf Pengelola Sumber Daya Manusia (HRD)

 

Staf pengelola sumber daya manusia (HRD) bertugas memanajemen karyawan dalam sebuah perusahaan. HRD juga merupakan fasilitator apabila terjadi masalah antara karyawan dan manajemen perusahaan. Di samping itu HRD juga menjadi penanggung jawab dalam mengelola gaji, kenaikan pangkat, hingga penerimaan pegawai baru. Dalam melakukan pekerjaannya, HRD biasanya dibagi ke dalam empat bagian yaitu pendidikan, sumber daya manusia (SDM), penerimaan pegawai, dan manajemen.

 

4. Staf Tata Usaha

 

Staf Tata Usaha biasanya akan bekerja di instansi pemerintah atau instansi pendidikan. Staf ini bertugas mengurus administrasi instansi serta memperbaharui data jika diperlukan. Selain itu, Staf Tata Usaha juga membuat laporan mengenai inventarisasi instansi, kepemililkan barang, serta kondisi fasilitas perusahaan.

 

5. Wirausaha

 

Menjadi pekerja mandiri atau mulai berwirausaha kini banyak dilirik kalangan anak muda. Bekerja tidak harus bergabung dengan perusahaan, melainkan lebih memilih membuka bisnis sendiri. Menjadi wirausaha juga masih sangat relevan dengan ilmu manajemen bisnis yang didapatkan selama kuliah. Berwirausaha berarti merangkap sebagai sekretaris, penjualan, sekaligus memastikan ketersediaan barang. Menjadi wirausaha juga melatih pola pikir agar selalu kreatif dan inovatif mencari cara-cara baru mendapatkan keuntungan.

 

 

 

Sumber :suara.com

0 comments: