Ragam Sekte Yahudi, Nomor 1 Paling Taat di Israel

Kamis, November 25, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Yahudi dari sekte Haredim menggelar kegiatan keagamaan. Foto/REUTERS


TEL AVIV - Agama Yahudi muncul setelah peristiwa hijrahnya Nabi Ibrahim dari Kota Babilonia ke daerah Palestina. Peristiwa itu terjadi sekitar tahun 2000 Sebelum Masehi.

Menurut buku “Sejarah Yahudi” yang ditulis Muhammad Amri, saat itu Babilonia berada di bawah kekaisaran Hammurabi. Seiring waktu, Yahudi memiliki beberapa sekte atau aliran. Berikut daftarnya.

1. Haredim

Ortodoks merupakan aliran dari agama Yahudi yang paling taat, dan tergolong radikal. Salah satu kelompok yang masuk ke dalam ortodoks atau neo ortodoks adalah Haredim.

Mengutip laman Pew Research Center, Haredim adalah kelompok yang paling taat di Israel. Sebanyak 96% penganutnya menyatakan agama adalah hal yang paling penting dalam hidup mereka.


Kata haredi sendiri berarti takut pada Tuhan. Rata-rata penganutnya memilih menjalani hidup secara tertutup dan terpencil.

Hanya sedikit kawan yang mereka miliki di luar kelompok ini. Selain itu, penganut Haredim juga menentang adanya perkawinan campur antara aliran lainnya.

2. Ashkenazi

Semula aliran ini menempati wilayah lembah Rhineland sebelum melakukan migrasi ke Polandia, Rusia, dan Lituania usai Perang Salib pada abad ke 11-13.

Melansir Britannica, ada sekitar 80% penganut Yahudi Ashkenazi di dunia. Angka itu jauh melebihi penganut aliran Yahudi lainnya. Pada awal abad ke-21, jumlah pemeluk Ashkenazi adalah 11 juta jiwa.

Orang-orang Ashkenazi dikenal dengan kemahiran dalam ilmu pengetahuan. Hal itu menjadi hipotesis para ilmuwan dari Departemen Antropologi Universitas Utah untuk melakukan studi.

Menurut penelitian, orang Yahudi Ashkenazi memiliki nilai IQ yang relatif tinggi. Kemampuan matematika mereka juga diketahui sangat baik.

3. Farisi

Berdasarkan tulisan bertajuk “Perspektif Biblikal Tentang Agama dan Kekerasan dalam Peristiwa Penyaliban Yesus”, pemeluk Yahudi Farisi adalah ahli tafsir yang berasal dari kalangan menengah, seperti pedagang dan tukang.

Teologi yang mereka miliki berasal dari kitab Taurat, kitab para Nabi dan tulisan yang dibuat imam atau rabi. Kaum Farisi dikenal sangat memegang teguh hukum lisan dan adat istiadat dari nenek moyangnya.

Mereka percaya adanya roh, malaikat, kebangkitan tubuh, dan kekebalan jiwa. Termasuk, percaya jika manusia akan kembali bangkit di akhir zaman kelak.

Sumber : sindonews.com

0 comments: